Bisa Parkir, Syarat Utama buat Pengemudi Mobil

Kompas.com - 13/01/2022, 19:31 WIB
Ilustrasi mobil terparkir. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi mobil terparkir.

JAKARTA, KOMPAS.COM –Kecerobohan dalam mengemudikan mobil dapat terjadi pada setiap pengemudi. Bahkan pengemudi profesional tidak luput dari kecerobohan saat memarkirkan mobil.

Namun beberapa pengemudi pemula justru melakukan kesalahan saat parkir karena belum sepenuhnya paham.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan,  saat memarkirkan mobil, pengemudi wajib memperhatikan beberapa hal. Jika sampai terabaikan, ini akan membahayakan keselamatan jiwa.

Baca juga: Bikers Wajib Waspada Lihat Mobil Parkir di Pinggir Jalan, Antisipasi Pintu Terbuka

“Sebenarnya tidak ada istilah pemula, menengah, jago. Artinya ketika seseorang telah memiliki SIM dia harus memiliki kompetensi baik itu maju mundur, parkir berhenti dan sebagainya,” kata Sony pada Kompas.com.

Kecerobohan yang kerap dilakukan oleh pengemudi mobil pemula adalah sulit memarkirkan mobil dengan tepat. Pengemudi yang tidak bisa memarkirkan akan mengancam keselamatan dirinya sendiri dan sekitar.

Hal itu dikarenakan pemahaman pengemudi pemula tentang lebar panjang tinggi kendaraan belum matang. Untuk itu, Sony menyarankan bagi semua pengemudi pemula wajib menguasai parkir mundur.

Ilustrasi tempat parkir.KOMPAS. com/FARID ASSIFA Ilustrasi tempat parkir.

Kemudian, kecerobohan lainnya adalah lupa mematikan aksesoris mobil saat mobil ditinggal di parkiran. Seharusnya, pengemudi harus membiasakan sebelum mesin mati mematikan aksesoris di dalam kendaraan.

Audio dan AC menjadi aksesoris yang acapkali terlupakan untuk dimatikan. Padahal, kebiasaan ini akan membuat daya aki terkuras. 

“Pastikan kaca tertutup rapat kalau memang parkir di tempat terbuka. Beri ruang sedikit sekitar 2 atau 1 cm agar udara di dalam kabin tidak terlalu panas,” kata Sony.

Perhatikan pula jangan sampai ada barang-barang yang memancing kejahatan dari luar. Kaca gelap memang membantu, namun membuat orang-orang penasaran apakah ada barang-barang berharga di dalam.

Baca juga: Periklindo Electric Vehicle Show Bisa Test Drive di Dalam Hall JIExpo

Bukan tidak mungkin rasa penasaran tersebut memancing niat untuk berbuat jahat. Maka dari itu, jika ada barang yang beharga baiknya taruh di bawah jok saat mobil parkir.

Kecerobohan yang sering terjadi lainnya adalah tidak menempatkan barang berpotensi bahaya dengan benar. Jika dibiarkan, ini dapat memicu bahaya pada mobil saat ditinggal di parkiran.

Baiknya barang yang mudah terbakar jangan di simpan di dalam mobil sembarangan. Contohnya seperti minyak wangi yang tidak boleh terpapar langsung oleh sinar matahari.  Disembunyikan di bawah jok atau laci adalah langkah yang tepat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.