Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Terabasan, Ini Modifikasi Awal yang Bisa Dilakukan

Kompas.com - 13/01/2022, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Olahraga terabasan dengan motor trail memang bisa menjadi pilihan kegiatan saat akhir pekan. Bermodalkan motor trail dan bahan bakar, pengendara bisa mengeluarkan banyak kalori sambil melihat pemandangan yang indah.

Motor trail yang standar pabrikan sebenarnya sudah cukup untuk dibawa ke jalur terabasan. Tapi jika ingin melakukan modifikasi pada motornya, apa yang lebih dahulu bisa diganti?

Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan, sebelum lakukan modifikasi, kuasai dulu karakter motornya dalam kondisi standar. Menguasai atau menghafal karakter motor bisa dilakukan dengan latihan di tanah yang kosong.

Baca juga: Tanpa Insentif PPnBM, Penjualan Mobil Awal Tahun Mulai Ambles

Yamaha WR155RFoto: Yamaha Yamaha WR155R

“Setelah hafal, baru bisa masuk ke jalur dan nantinya punya teknik yang bagus saat terabasan. Jadi belajar dulu di tanah lapang, lalu kalau sudah merasa enak, ban bisa menjadi komponen pertama yang diganti,” ucap Arief di Sentul, Bogor belum lama ini.

Ban yang dipilih juga disesuaikan dengan jalur yang ingin dilewati. Jika motor langsung masuk ke jalur tanah, ban pacul dengan bongkahan besar bisa jadi pilihan. Tapi kalau jalurnya jauh dan lewat jalan aspal dulu, lebih enak pakai ban yang dual purpose.

Baca juga: Teledor Buka Pintu Mobil, Ganti Kerusakan Bisa sampai Jutaan Rupiah

“Aksesoris lain yang bisa ditambah yakni hand guard. Jadi ketika motor terjatuh, tuas kopling kita aman,” kata Arief.

Kemudian jika memang motor hanya di jalur, bisa melepas foot step belakang dan spion. Tapi kalau lewat jalan raya, tentu komponen seperti spion harus tetap dipasang.

“Knalpot juga bisa diganti agar motor terasa lebih gahar,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com