Rapor Ekspor Motor Indonesia Tahun 2021

Kompas.com - 13/01/2022, 07:22 WIB
Ilustrasi ekspor motor Honda Dok. AHMIlustrasi ekspor motor Honda

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, volume ekspor sepeda motor dari Indonesia ke luar negeri mengalami peningkatan.

Pada Desember 2021, volume ekspor mencapai 58.575 unit atau tumbuh 4,68 persen dari bulan sebelumnya yang sebanyak 55.956 unit.

Secara total sepanjang 2021, volume ekspor sepeda motor dari Indonesia pada tahun lalu mencapai 803.931 unit atau naik 14,78 persen dari 2020, yang mencatat 700.392 unit.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini bila Rem Mobil Blong

Produksi Yamaha Mio di pabrik Yamaha Karawang.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Produksi Yamaha Mio di pabrik Yamaha Karawang.

Berdasarkan kategori, penjualan sepeda motor jenis scooter memberikan kontribusi terbesar dari penjualan ekspor.

Penjualan ekspor scooter menyumbang 70,29 persen dari total, Kemudian, penjualan sepeda motor jenis underbone berkontribusi 11,82 persen. Lalu, proporsi penjualan motor sport tercatat 17,89 persen.

Adapun, untuk ekspor motor paling tinggi terjadi pada Januari 2021. Tercatat penjualannya mencapai 81.929 unit. Sedangkan perolehan terendah ekspor terjadi pada Mei 2021, dengan angka 42.647 unit.

Baca juga: Balap Liar Legal di Ancol Pakai Tiket Pendaftaran, Ini Kata Polisi

Booth Kawasaki di IAM x IIMS Motobike Show 2021Kompas.com/Nanda Booth Kawasaki di IAM x IIMS Motobike Show 2021

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, mengatakan, tumbuhnya penjualan ekspor tak lepas dari meningkatnya produksi motor dalam negeri.

“Harga komoditi cukup bagus buat para petani perkebunan (karet dan CPO). Kemudian, keberhasilan pelaksanaan PPKM sangat mendorong kegiatan ekonomi masyarakat,” ujar Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, kepada Kompas.com (12/1/2022).

Selain itu, menurut Sigit, aktifnya kembali kegiatan dan mobilitas masyarakat didukung kegiatan vaksinasi massal, telah memberikan keyakinan dan kepercayaan pada konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.