Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Ekspor Motor Honda Awal 2019

Kompas.com - 25/02/2019, 11:11 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) ekspor sepeda motor secara nasional pada Januari 2019 mencapai 67.016 unit atau naik 76,3 persen dibanding periode sama di 2018.

Bulan pertama 2019 ini, menurut keterangan resmi PT Astra Honda Motor (AHM), ekspor motor dalam kondisi utuh/completely built-up/CBU meningkat 175 persen dibanding Januari 2018.

Secara unit sekitar 17.300 unit atau berkontribusi 25 persen terhadap kinerja ekspor motor secara nasional.

Bulan yang sama tahun lalu ekspor CBU AHM tercatat 6.281 unit. Dilihat dari tipe motor yang diekspor, sumbangsih terbesar berasal dari jenis skutik, yaitu 16.412 unit, selanjutnya tipe sport sebanyak 728 unit, dan motor bebek 160 unit.

Baca juga: Ekspor Sepeda Motor Naik 45 Persen

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet menjelaskan, tingginya minat konsumen luar negeri terhadap motor Honda memberikan angin positif bagi perusahaan di awal tahun. Hal ini meningkatkan optimisme kinerja ekspor perusahaan sepanjang tahun akan menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Lonjakan pertumbuhan ekspor ini tidak dapat dipisahkan dari daya saing produk yang diproduksi anak bangsa di pasar ekspor. Kami yakin motor Honda produksi AHM ini akan semakin disukai tidak hanya di pasar domestik tapi juga di pasar ekspor di masa-masa mendatang," ujar Kurniawati, Senin (25/2/2019).

Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.ISTIMEWA Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.

Selanjutnya, pada tahun ini mayoritas memenuhi permintaan dari pasar di negara seperti Bangladesh dan Filipina.

"Kami optimis dengan indikasi positif pada awal tahun ini akan mengantarkan ekspor sepeda motor Honda tahun ini tumbuh sekitar 40 persen - 50 persen hingga akhir tahun 2019," ucap Kurniawati.

Selain melakukan pengiriman CBU, AHM juga melakukan pengiriman motor secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) dengan negara tujuan seperti Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

Kinerja pada Januari 2019, tercatat ekspor CKD AHM tembus 18.700 set atau mengalami peningkatan 28 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2018 yang tercatat 14.640 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com