Ini Kelas yang Dilombakan pada Balap Liar Legal di Ancol

Kompas.com - 12/01/2022, 13:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan memfasilitasi pembalap liar dalam gelaran street race di Ancol, Jakarta Utara. Kegiatan ini akan mulai digelar pada Minggu 16 Januari 2022.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, setiap orang bisa mendaftar untuk mengikuti kegiatan. Sejumlah syarat pun disiapkan untuk para pendaftar.

Baca juga: Tinggalkan Suzuki untuk Gabung Yamaha, Vinales Mengaku Salah

DITAHAN—Anggota Satlantas Polres Ponorogo mengamankan sepeda motor milik remaja yang diduga digunakan untuk aksi balap liar di sejumlah jalan di Kota Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Ponorogo DITAHAN—Anggota Satlantas Polres Ponorogo mengamankan sepeda motor milik remaja yang diduga digunakan untuk aksi balap liar di sejumlah jalan di Kota Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). 

“Kalau di bawah umur perlu izin orangtua. Ada syarat lainnya yang bisa dilihat secara lengkap melalui link pendaftaran online, salah satunya di bawah usia 17 tahun harus izin orangtua,” katanya di Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Pendaftaran balapan perdana ini dibatasi sebanyak 350 pendaftar. Trek untuk lintasan drag bike ini memiliki panjang 800 meter, lintasan balap 500 meter, dan pengereman 300 meter.

Terdapat beberapa kelas street race yang akan diselenggarakan sebagai berikut:

  1. Bebek 2-tak
  2. Bebek 4-tak
  3. Sport 2-tak
  4. Sport 4-tak
  5. Matik 4-tak
  6. Vespa 2-tak
  7. FFA
  8. Sunmori (ban besar, lampu menyala)

Baca juga: Pilihan Skutik 150 cc Bekas di Bawah Rp 20 Juta

Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.Dok. Satlantas Polres Karawang Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.

Setiap joki atau pembalap boleh mendaftar beberapa kelas yang berbeda, tetapi tidak boleh mendaftar lebih dari satu untuk kelas yang sama.

Ketentuan lainnya yaitu tidak ada timing pada latihan ini, tetapi tetap menggunakan lampu start. Penyelenggara akan memberikan sertifikat kepada pembalap dan mekanik.

Semua peserta tidak akan menggunakan nomor start, tetapi hanya stiker scrut tiap motor yang akan diberikan pada registrasi ulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.