Kompas.com - 12/01/2022, 14:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comPenjualan sepeda motor nasional pada 2021, tercatat mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya.

Perolehan akumulatif pada tahun lalu menembus 5.057.516 unit, atau naik 38 persen dibandingkan 2021, yakni sebanyak 3.660.616 unit.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat penjualan motor nasional bertumbuh.

Baca juga: Wacana Pakai Roof Box Bisa Kena Tilang, Ini Tanggapan Komunitas

Yamaha FreeGo dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Yamaha FreeGo dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.

“Harga komoditi cukup bagus buat para petani perkebunan (karet dan CPO). Kemudian, keberhasilan pelaksanaan PPKM sangat mendorong kegiatan ekonomi masyarakat,” ujar Sigit, kepada Kompas.com (12/1/2022).

Selain itu, Sigit juga mengatakan, kegiatan vaksinasi massal memberikan keyakinan pada masyarakat untuk bisa melakukan mobilitas, serta menumbuhkan kepercayaan pada konsumen.

“Kegiatan jaringan pemasaran anggota AISI dapat beroperasi penuh dibanding tahun lalu, dan didukung oleh pihak leasing dalam pendanaan sepeda motor,” kata Sigit.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

All New Honda PCX 160Foto: AHM All New Honda PCX 160

Melihat segmentasinya, penjualan scooter atau skuter matik (skutik) pada tahun lalu berkontribusi 87,58 persen secara akumulatif.

Sementara di urutan kedua, terdapat underbone atau motor bebek sebanyak 6,30 persen. Lalu segmen sport berada tipis di bawahnya 6,12 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.