Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikers Wajib Waspada Lihat Mobil Parkir di Pinggir Jalan, Antisipasi Pintu Terbuka

Kompas.com - 11/01/2022, 17:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan seperti pengendara motor yang menabrak pintu mobil terbuka kembali terjadi. Kejadian tersebut pun terekam oleh CCTV dan diunggah oleh akun info_jabodetabek di Instagram.

Terlihat mobil sedang menepi dan penumpang yang ada di belakang ingin keluar. Terlihat penumpang kurang hati-hati saat membuka pintu dan menyenggol pengendara motor yang melaju dari arah belakang.

Pengendara tadi pun terlihat terkapar dan terlempar cukup jauh karena menabrak pintu. Warga sekitar pun langsung menolong pengendara tersebut.

Baca juga: Bodi Bus Panorama Buatan Laksana Muncul Lagi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jabodetabek (@info_jabodetabek)

 

Menanggapi kejadian seperti ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ketika melihat mobil yang berhenti di depan, kurangi kecepatan dan selalu waspada akan terjadi potensi bahaya yang ada.

“Jadi saat berkendara itu, kita perlu mempunyai prediksi bahaya yang baik. Sehingga bisa meminimalisir setiap potensi bahaya yang terjadi,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Kemudian dan yang paling penting adalah selalu menggunakan riding gear, contohnya helm saat berkendara. Sehingga ketika mengalami kecelakaan dan ada benturan, pengendara tetap aman dan risiko cedera bisa berkurang.

Baca juga: Honda Jazz Tubruk Minimarket, Akibat Tinggalkan Bocah Sendirian di Dalam Mobil

Tips lainnya adalah ketika berkendara di jalan kecil, seperti yang ada di video, jaga kecepatan dan jangan mengebut.

Kedua, pandangan mata harus selalu fokus ke depan agar bisa segera mengantisipasi hal-hal berbahaya di depan.

“Ketiga, kurangi keepatan jika ada mobil yang berhenti maupun melewati persimpangan. Hal ini untuk mengantisipasi obyek yang tiba-tiba keluar dari tempat yang tidak terlihat,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com