Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teledor Buka Pintu Mobil, Ganti Kerusakan Bisa sampai Jutaan Rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian penumpang atau pengemudi yang asal membuka pintu samping lalu mengenai pengendara motor memang kerap terjadi. Misalnya video yang diunggah akun info_jabodetabek di Instagram.

Pada video dari CCTV tersebut terlihat penumpang mobil yang menepi asal membuka pintunya. Kemudian, pengendara motor dari arah belakang menabrak pintu mobil yang tiba-tiba terbuka tadi, tabrakan pun tidak bisa dihindari.

Kebiasaan penumpang atau pengemudi yang membuka pintunya sembarangan sebenarnya juga merusak kendaraan. Bahkan, biaya perbaikannya bisa sampai jutaan rupiah.

Service Head Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, kerusakan dari motor yang menabrak pintu mobil yang terbuka bisa beragam. Namun, yang pasti, dudukan pintu bisa rusak bahkan patah.

“Pasti akan berubah bentuk terutama di dudukan engsel, baik yang di sisi pintu atau di bodi. Jika engsel rusak, pintu jadi susah ditutup rapat,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Jika dilihat dari video tersebut, Suparna mengatakan bahwa pintunya tidak terlalu terbuka sehingga kerusakan tidak terlalu parah. Pemilik kendaraan tinggal membawanya ke tempat perbaikan bodi agar engsel diperbaiki dan disetel ulang.

“Kalau setting dan repair engsel dan pintu, perkiraan paling Rp 1,5 juta,” ucapnya.

Namun, berbeda ceritanya jika pintu ditabrak dalam kondisi terbuka lebar. Dudukan engsel bisa patah karena momen tabrakan lebih besar. Kemudian, jika diperbaiki dan harus ganti pintu serta engselnya, biayanya jadi semakin besar.

“Perbaikan bisa Rp 4 jutaan, pintunya saja Rp 2,5 jutaan,” kata Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/12/102200615/teledor-buka-pintu-mobil-ganti-kerusakan-bisa-sampai-jutaan-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke