Suzuki RGR 150 dan Kompetitornya yang Jadi Motor Incaran Kolektor

Kompas.com - 15/11/2019, 15:30 WIB
Salah satu Suzuki RGR milik anggota RGR Rider Community RGR Rider CommunitySalah satu Suzuki RGR milik anggota RGR Rider Community

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki pernah memasarkan motor sport 2-tak berkapasitas 150 cc di era '90-an. Namun, kala itu Suzuki tidak sendiri. Persaingan di kelas tersebut cukup ketat dengan kehadiran para kompetitor.

Meski sempat tenggelam, motor-motor sport 2-tak ini juga masih digemari para pecinta otomotif. Bahkan, menjadi barang incaran para kolektor juga. Berikut deretan motor sport 2-tak 150 cc tersebut:

1. Suzuki RGR 150

Suzuki pernah menghadirkan RGR Sprinter, RGR Crystal, dan RGR Tornado di Indonesia. Khusus untuk RGR Sprinter, bisa dibilang waktu itu Suzuki menyematkan teknologi yang cukup tinggi pada masa itu.

Motor ini dibekali dengan teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) dan SSS (Suzuki Super Scavenging System). SIPC bertugas mengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin, sementara SSS berfungsi memberi asupan udara lebih banyak ketika mesin berada di rpm tinggi.

Honda NSR 150Macantua.com Honda NSR 150

2. Honda NSR 150

Honda NSR 150 termasuk motor legendaris. Sebab, keluarga NSR punya kredibilitas yang tinggi dengan mengikuti kejuaraan dunia GP500, yang saat ini berganti nama menjadi MotoGP. Hingga sekarang, motor ini masih banyak jadi incaran para kolektor dan pecinta kecepatan.

Di Indonesia, NSR 150 series yang beredar, antara lain NSR 150 R, NSR 150 RR, dan NSR 150 SP.

Deretan sepeda motor Yamaha RZR milik anggota komunitas RXZ-RZR Independent RulesDokumentasi Pribadi/Iyung Rizky Deretan sepeda motor Yamaha RZR milik anggota komunitas RXZ-RZR Independent Rules

3. Yamaha RZR

Yamaha RZR sebenarnya adalah versi full fairing saja dari RX-Z. Sebab, konfigurasi mesin yang dipakai masih sama. Meski hanya 135 cc, tapi tenaganya bisa disandingkan dengan kompetitor sekelasnya.

Pada masanya, motor ini termasuk mahal, sehingga kurang bagus catatan penjualannya. Itu juga yang menjadi alasan sulitnya mencari RZR sekarang ini.

Yamaha TZMMobildanmotorbekas.blogspot.co.id Yamaha TZM

4. Yamaha TZM

Setelah produksi Yamaha RZR dihentikan, giliran TZM 150 yang mencoba mencuri hati para pecinta otomotif di era '90-an. Yamaha meningkatkan kapasitas mesinnya menjadi 150 cc. Selain itu, tenaga yang dihasilkan juga luar biasa. Mesinnya mampu menghasilkan 35,5 tk pada 12.000 rpm dan torsi 22 Nm pada 10.000 rpm.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X