Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cari Nyaman, Ini Posisi Duduk yang Benar Saat Mengemudi

Kompas.com - 30/12/2021, 20:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM – Mengemudi mobil yang aman tidak hanya memerlukan kemampuan prima, posisi duduk saat berkendara juga menjadi unsur penting saat berkendara.

Kebanyakan pengendara mementingkan duduk yang nyaman saat di mobil. Akan tetapi, posisi duduk yang nyaman belum tentu sesuai dengan posisi duduk yang tepat.

Bahkan, beberapa pengendara mobil pemula kerap menyepelekan standar posisi duduk yang aman.

Baca juga: Mengatur Posisi Duduk Nyaman Saat Berkendara Mobil

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika duduk nyaman bukanlah posisi yang tepat. Sikap duduk sempurna adalah pilihan  tepat bagi pengemudi.

“Duduk yang sempurna itu adalah yang memenuhi standar 3C. Yakni Comfort, Control dan Communication,” kata Sony pada Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Sony memaparkan, comfort artinya kenyamanan duduk pengemudi. Kenyamanan tersebut dimana pengemudi mampu mengemudikan mobil maksimal selama 3 jam.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Lalu, communication artinya saat duduk pengemudi mampu berbicara atau berkomunikasi dengan berbagai objek. Mulai dari objek yang ada di dalam kabin mobil maupun objek di luar kabin mobil.

Sedangkan control adalah bagaimana pengemudi mampu menggapai kemudi setir dengan momen yang baik. Serta kaki pengemudi dapat menjangkau pedal yang ada di bawah.

Baca juga: Cara Inspeksi Awal Ban Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Jika konsep 3C ini tidak diterapkan, maka dampak negatif akan mengintai pengendara mobil. Posisi duduk salah akan membuat pengemudi tidak sensitif terhadap berbagai gejala yang terjadi di kendaraan. Hal yang paling parah akan menyebabkan kecelakaan yang mengancam nyawa. 

“Pengemudi tidak bisa antisipasi ketika ada kondisi yang harus dihindari. Atau saat melakukan manuver yang ekstrem sering kali pengemudi tidak siap,” tutup Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com