Beli Mobil Toyota Spot Order Bisa Bebas Pilih Warna tapi Inden Lama

Kompas.com - 06/01/2022, 20:22 WIB
Toyota Vellfire Dok. TAMToyota Vellfire
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di antara banyak pilihan mobil baru, ada sejumlah model yang dijual terbatas karena produksinya sedikit. Populasi mobil ini pun menjadi langka, karena unit yang beredar memang jarang.

Selain mobil limited edition tersebut, juga ada mobil-mobil reguler lainnya, namun dengan keunikan tersendiri. Misalnya memiliki warna yang berbeda, fitur yang lebih lengkap, dan sebagainya.

Mobil-mobil ini bisa juga disebut dengan Spot Order, yaitu mobil yang diproduksi berdasarkan permintaan konsumen.

Baca juga: TNKB Diganti Warna Putih, Ini Cara dan Syarat Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan

Toyota Kijang Innova Venturer warna Alumina Jade.Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Kijang Innova Venturer warna Alumina Jade.

Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction & Marcomm Head Auto2000, mengatakan, pihaknya menyediakan berbagai tipe mobil Spot Order.

Namun, mobil Spot Order ini memiliki plus minus tersendiri. Oleh sebab itu, konsumennya rata-rata adalah fleet customer.

“Spot Order artinya akan dipesankan dulu,” ujar Tantri, kepada Kompas.com (4/1/2022).

Baca juga: Pelat Nomor Kendaraan Mau Pakai Teknologi RFID, Apa Fungsinya?

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Kelebihan pertama seperti yang sudah disebutkan di atas, yakni konsumen bisa memesan warna khusus yang, bahkan tidak tersedia pada model regulernya.

“Jadi kalau warna standar bisa langsung dipesan, silahkan cek ke Auto2000 Digiroom,” ucap Tantri.

“Nah kalau ingin warna berbeda bisa juga base on request, namun kemungkinan lead time-nya akan membutuhkan waktu lebih panjang lagi, di mana harus dikoordinasikan dengan pihak terkait,” kata dia.

Baca juga: Menperin Usulkan Mobil di Bawah Rp 250 Juta Bebas PPnBM pada 2022

Toyota Raize 1.2LTAM Toyota Raize 1.2L

Sementara itu, kekurangan dari mobil Spot Order sudah tentu waktu inden yang lebih lama. Sehingga mobil tidak bisa langsung digunakan oleh konsumen.

“Sesuai informasi dari tim pricing Toyota, ketersediaan unit membutuhkan lead time lebih lama, estimasi 2-3 bulan, dan harga tidak mengikat,” kata Tantri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.