Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Boleh Sabun Cuci Piring Jadi Alternatif Cairan untuk Wiper?

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sabun pembersih khusus tabung air wiper bisa ditemukan di pasaran, masih banyak orang yang menggunakan sabun ini sebagai alternatif pembersih kaca mobil.

Sabun cuci piring secara umum bersifat degreasing atau menghilangkan minyak, sehingga bisa menghilangkan zat berminyak yang menempel pada kaca depan mobil.

Walaupun begitu, belum ada percobaan yang secara konkret menyimpulkan apakah sabun cuci piring benar-benar aman untuk dijadikan alternatif cairan pembersih untuk wiper.

"Kan, belum dilakukan percobaan ya, istilahnya. Hasilnya bisa jadi lebih baik, bisa jadi lebih buruk," kata Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Ia mengatakan, permukaan kaca bisa jadi ternoda atau tergores. Karena, sabun cuci piring tidak diformulasikan untuk membersihkan kaca mobil dan belum tentu baik untuk karet wiper.

"Ini general cairan (sabun cuci piring) ya, saya nggak ngomongin merknya. Tapi maksudnya, kalau cairan itu sebaiknya yang sudah diuji oleh perusahaan atau pembuatnya," kata dia.

Cairan pembersih yang dibuat khusus wiper menyesuaikan dengan kebutuhan kaca mobil dan karet pada wiper. Sehingga, kaca mobil akan terhindar dari noda atau goresan yang mungkin ditimbulkan jika kaca dibersihkan dengan pembersih lain.

"Kalau di pasaran itu sudah banya, air (pembersih) wipers. Dia suda dilakukan pengujian, terhadap kaca (mobil) ini aman. Terhadap wipers, karetnya ini nggak bikin keras," paparnya.

Selain berefek pada kaca, sabun selain pembersih khusus wiper bisa saja menimbulkan banyak busa, yang pada akhirnya akan mengering dan menyumbat saluran tabung air wiper.

Bambang menyarankan, alternatif terbaik jika pemilik mobil tidak memiliki cairan pembersih wiper, adalah air netral.

"Jadi, kalau memang tidak ada cairan pembersih khusus untuk wiper, sebaiknya air biasa saja," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/05/154100915/apa-boleh-sabun-cuci-piring-jadi-alternatif-cairan-untuk-wiper-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke