Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Sebut Posisi Italia di MotoGP Sudah Bagus

Kompas.com - 04/01/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP merupakan ajang balap paling bergengsi. Kejuaraan ini diikuti oleh pebalap dari semua negara.

Tapi, ada masanya pebalap asal Spanyol mendominasi kelas MotoGP secara jumlah. Sedangkan pebalap Italia, jumlahnya sangat sedikit.

Baca juga: Tim Balap Rossi Berubah Jadi Mooney VR46 Racing Team

"Italia sekarang ada di posisi yang bagus di MotoGP, meskipun tanpa saya. Ini positif untuk keseluruhan pengembangan," ujar Valentino Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Senin (3/1/2022).

Duet pebalap VR46 Racing Team Luca Marini dan rookie Marco Bezzecchi.Foto: Twitter Box VR46 Duet pebalap VR46 Racing Team Luca Marini dan rookie Marco Bezzecchi.

Lima tahun lalu, pada MotoGP 2017, jumlah pebalap Spanyol mencapai 10 orang dari 22 pebalap yang bersaing, yakni Marc Marquez, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Alex Rins, Pol Espargaro, Tito Rabat, dan Hector Barbera.

Sementara pebalap Italia, hanya ada empat pebalap saja, mulai dari Rossi, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Andrea Iannone.

Baca juga: Alasan Dirt Track Jadi Menu Wajib Latihan di VR46 Riders Academy

Pebalap Federal Oil Gresini Racing MotoGP, Enea Bastianini dan Fabio Di GiannantonioDok. Gresini Racing Pebalap Federal Oil Gresini Racing MotoGP, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio

Musim 2022 ini, jumlah pebalap Italia mengalami peningkatan menjadi tujuh pebalap. Meskipun Rossi pensiun, tapi sekarang ada Luca Marini, Marco Bezzecchi, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Franco Morbidelli, dan Dovi.

Sedangkan pebalap Spanyol, berjumlah sembilan orang, yaitu Vinales, Aleix, Pol, Alex Marquez, Jorge Martini, Raul Fernandez, Joan Mir, dan Alex Rins.

Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).MOTOGP Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).

Peningkatan jumlah pebalap Italia di MotoGP juga tak lepas dari peran Rossi dalam mengembangkan VR46 Riders Academy. Empat di antara tujuh pebalap tersebut merupakan murid Rossi.

Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Ada Bastianini yang bukan pebalap kami. Tapi, saya yakin dia punya masa depan yang luar biasa," kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com