Jangan Panik, Ini Tips Menghadapi Mobil Ban Pecah bagi Pemula

Kompas.com - 05/01/2022, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban pecah merupakan salah satu kendala umum suatu saat akan dihadapi oleh pengemudi mobil pemula di jalan. Kejadian ini menimbulkan suasana yang menegangkan karena praktis berkaitan dengan keselamatan berkendara.

Memang, kejadian ini bisa terjadi pada siapa saja. Jadi penting bagi pengendara untuk memahami hal-hal yang harus dilakukan saat ban mobil pecah.

Pengendara harus terlebih dulu mengenal komponen mobil. Misalnya, di mana dongkrak diletakkan, serta posisi ban serep yang bisa digunakan untuk menggantikan ban yang pecah.

Perlu diketahui, lokasi ban serep tiap mobil berbeda-beda. Penting bagi pengendara untuk tahu posisi ban serep pada mobilnya. Umumnya, ban serep terletak di kolong belakang mobil atau menempel pada bagian belakang pintu mobil.

Baca juga: Beberapa Faktor yang Menyebabkan Ban Pecah

Selain mengenali komponen mobil, pengemudi juga harus tahu bagaimana mengontrol mobil saat ban pecah di tengah perjalanan.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, untuk pemula, yang paling penting adalah tidak boleh panik ketika ban pecah.

"Reflek orang, ketika dia pecah (ban) itu nginjak rem. Knowledge-nya itu. Tapi, itu malah bikin, terguling (mobilnya)," kata Bambang pada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Bambang menjelaskan, menginjak pedal rem saat ban tiba-tiba pecah justru berbahaya. Pengendara disarankan untuk lebih mengontrol steering wheel, mengikuti arah lajunya mobil hingga perlahan berhenti.

Ilustrasi ban pecah.Shutterstock Ilustrasi ban pecah.

Baca juga: Pengemudi Cerdas, Tidak Rem Mendadak Saat Ban Pecah

"Jadi, kalau memang pecah ban, tahan steering wheel itu, ikutin arah mobil. Kalau misal dia (mobilnya) mengarah ke kiri, ya udah, ikutin aja," kata dia.

Disitat dari Kompas.com, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana juga menyatakan hal yang serupa. Ia menjelaskan, menginjak pedal gas, kopling atau rem justru akan berbahaya bagi si pengemudi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.