Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tantangan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia

Kompas.com - 30/12/2021, 09:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski beragam langkah sudah dilakukan, namun sampai saat ini pemerintah juga masih menghadapi beberapa kendala serta tentangan terkait masalah transisi ke kendaraan listrik.

Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Jalan dan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Eddy Gunawan, setidaknya ada tujuh tantangan yang dihadapi.

"Pertama itu kecukupan supply listrik, karena demografi kita ini sangat luas tentu memerlukan waktu dan proses pembangunan infrastruktur yang harus kita pastikan itu tercukupi," ucap Eddy dalam webinar Menyongsong Transformasi Pengembangan Transportasi Indonesia yang diadakan ITS Indonesia, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Kemenhub Siap Hadirkan Alat Pengujian Kendaraan Listrik

Tantangan kedua soal masalah charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Eddy mengatakan, hal ini tak kalah jadi tantangan karena merupakan salah satu hal yang cukup vital.

Charging Station PertaminaPertamina Charging Station Pertamina

Eddy menjelaskan, tanpa charging station yang memadai, akan sulit untuk mengimplementasikan kendaraan listrik secara menyeluruh. Bahkan hal tersebut membuat masyarakat yang sudah berminat kembali berfikir.

"Mungkin masyarakat kita berminat memiliki kendaraan listrik, tetapi ketersediaan charging station masih perlu dipastikan ketercukupannya," kata Eddy.

Selanjutnya mengenai teknologi baterai. Menurut Eddy, hal tesebut jadi tantangan karena untuk menghadirkan baterai dengan daya yang tinggi, punya kemampuan fast charging, dan tahan lama, akan sangat berpengaruh terhadap operasional kendaraan.

Berikutnya masalah regulasi teknis dan keuangan, karena saat ini harga kendaraan lisrik dapat mencapai dua kali lipat dari kendaraan konvensional.

Baca juga: Siap-siap, Sistem Transaksi Tol Tanpa Henti Berlaku Akhir 2022

Karena itu, insentif khusus perlu dikeluarkan dengan tujuan agar bisa membuat harganya lebih terjangkau.

"Ini masih menjadi salah satu pemikiran pemerintah untuk bagaimana memformulasikan kebijakan ke depan supaya pengguna kendaraan listrik semakin bermasyarakat," ucap Eddy.

Hal lain yang juga masih menjadi tantangan adalah soal limbah baterai, karena bisa menjadi salah satu isu lingkungan maka harus dipastikan bisa dikelola dengan baik.

SPBKLU atau Battery Swapping Station (BSS) di SPBU MT. HaryonoKOMPAS.com/STANLY RAVEL SPBKLU atau Battery Swapping Station (BSS) di SPBU MT. Haryono

Selanjutnya kandungan lokal, menurut Eddy saat ini baru hanya platform saja yang dikuasai, sementara komponen lain seperti motor, sistem kendali elektronik, baterai, dan pengisian harus di datangkan dari luar.

Terakhir masalah kelanjutan ekosistem kendaraan listrik yang harus dipertahankan layaknya ekosistem kendaraan konvensional. Karena dengan demikian, kendaraan listrik bisa digunakan secara keberlanjutan.

Baca juga: Pabrik Hyundai Diharapkan Bisa Produksi Sel Baterai Kendaraan Listrik

Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leafassemblymag.com Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf

"Ini satu hal yang harus terus kita garap, karena sangat dipengaruhi kebijakan pemerintah dalam bentuk kebijakan dan langkah nyata meskipun berganti tampuk pimpinan. Insentif yang diberikan pemerintah pada program low cost green car (LCGC) diharapkan jangan sampai justru mematikan program kendaraan listrik nasional," kata Eddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com