Kompas.com - 28/12/2021, 16:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor bebek pernah merajai penjualan motor di Indonesia. Tapi kini penjualan motor yang disebut moped atau cub itu sudah disalip oleh skuter otomatik.

Melihat penerimaan pasar saat iniDirektur Marketing Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, mengatakan pasar motor bebek tidak banyak berubah tahun depan.

Baca juga: Dishub DKI Siapkan Angkot Modern dengan CCTV, AC, dan Sabuk Pengaman

Corak baru Honda Supra X 125 FI Corak baru Honda Supra X 125 FI

"Bebek itu memang kontribusinya sekarang jadi paling kecil sekitar 4-5 persen. Rasanya akan maintain (terjaga) segitu pasar bebek," kata Thomas yang ditemu di di Bandung, Jawa Barat belum lama ini.

"Mungkin (segmen) sport yang sekarang kontribusinya 6-7 persen masih punya potensi untuk tumbuh. Minimal stabil atau (tumbuh) sedikit kalaupun berkembang," ujarnya.

Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sampai dengan November 2021, penjualan motor secara nasional mencapai 4.669.719 unit.

Baca juga: Trans Metro Pasundan Resmi Beroperasi, Simak Rute dan Jadwalnya

Honda GTR 150Foto: Honda Honda GTR 150

Dari total tersebut segmen skutik menguasai pasar sebesar 87,51 persen, adapun underbone atau motor bebek 6,36 persen, sedangkan motor sport sebesar 6.12 persen.

Thomas mengatakan, penyerapan motor bebek saat ini banyak terjadi di daerah. Penjualan banyak diserap dari segmen fleet, adapun dari fungsi dipakai untuk bisnis pengiriman.

"Bebek masih di daerah, dan biasanya buat delivery yang fungsional. Fleet banyak bebek, seperti (Honda) Revo kita dapat dari grup kustomer, untuk delivery atau operasional," ungkap Thomas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.