Dishub DKI Siapkan Angkot Modern dengan CCTV, AC, dan Sabuk Pengaman

Kompas.com - 28/12/2021, 11:02 WIB
Angkot AC Suzuki SUZUKI INDOMOBIL SALESAngkot AC Suzuki

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, merencanakan bakal menambah armada angkutan kota (angkot) yang menjadi layanan Mikrotrans dengan fasilitas air conditioner alias AC.

Tak hanya AC, layanan yang terintegrasi dengan Jaklingko tersebut juga bakal hadir dengan memberikan pengalaman berbeda bagi penumpang, khususnya masyarakat Jakarta, dari sisi kenyamanan dan keamanan.

"Layanan ini merupakan upaya Pemprov. DKI Jakarta dalam memberikan kemudahan akses layanan transportasi publik yang nyaman, aman, dan handal bagi masyarakat DKI Jakarta," tulis dalam akun Instagram Dishub DKI Jakarta.

Baca juga: Bus Dual Mode, Bisa Berjalan di Aspal dan Rel

Dari sisi spesifikasi, angkot yang dari unggahan Dishub dibangun menggunakan basis Suzuki Carry tersebut, tak sekadar dilengkapi AC saja, tapi juga peralatan modern lainnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Pertama dari sisi kapasitas. Dijelaskan bila Mikrotrans tersebut mampu menampung sembilan sampai 11 penumpang, bahkan untuk memenuhi standar keselamatan juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman serta palu pemecah kaca.

Kedua, Mikrotrans AC juga telah memiliki CCTV untuk keamanan penumpang selama perjalanan.

Total ada empat CCTV di dalam kabin yang dipasang pada beberapa sudut, mulai arah depan, pramudi, penumpang belakang, dan area belakang kendaraan.

Berikutnya, guna memberikan informasi selama perjalanan, visual dari CCTV juga ditampilkan dengan kehadiran monitor berdimensi 29 inci widescreen. Pada pengemudi tersedia monitor guna memantau kondisi penumpang dan sekelilingnya lengkap dengan on boat unit.

Baca juga: Selisih Rp 4 Jutaan, Mending Veloz Tipe Tertinggi atau Sienta?

Angkot AC SuzukiSUZUKI INDOMOBIL SALES Angkot AC Suzuki

Terakhir, menghadirkan kemudahan akses keluar masuk penumpang, Mikrotrans AC juga sudah dibekali pintu penumpang otomatis. Selain itu, bagian depan, samping kiri, serta belakang dilengkapi running text sebagai informasi.

"Semoga segera terealisasi akan makin alternatif transportasi publik yang nyaman, aman, dan handal sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi," tulis akun Dishub DKI Jakarta.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.