BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bridgestone

Berencana Road Trip Saat Libur Nataru? Periksa 3 Hal Berikut pada Ban Mobil

Kompas.com - 28/12/2021, 09:02 WIB

KOMPAS.com – Menjelang liburan Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, sebagian masyarakat mungkin berencana untuk bepergian dengan mobil pribadi atau road trip, baik di dalam kota maupun ke kota-kota sekitarnya.

Selain menawarkan pengalaman dan keseruan berbeda, road trip juga dinilai hemat biaya. Pasalnya, ongkos yang dikeluarkan biasanya lebih rendah jika dibandingkan harus bepergian dengan transportasi umum. Lalu, Anda juga dapat menjangkau berbagai tempat dengan mudah secara fleksibel meskipun berjauhan.

Tak hanya itu, dengan road trip, Anda juga dapat menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara lebih ketat. Pasalnya, Anda tidak perlu duduk berdekatan dengan orang lain.

Namun, sebelum memutuskan untuk road trip, Anda memerlukan persiapan. Utamanya, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.

(Baca juga: Musim Hujan Tiba, Periksa Ban Mobil agar Aman Selama Perjalanan)

Head of Corporate Communications dan Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia Arko Kanadianto mengatakan bahwa ban merupakan satu-satunya bagian kendaraan yang bersentuhan dengan jalan secara langsung. Kondisinya perlu diperhatikan untuk memastikan kelancaran perjalanan.

“(Oleh karena itu) sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pengguna kendaraan harus selalu mengecek kondisi ban agar perjalanan tetap aman dan nyaman,” ujar Arko dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

Menurut dia, terdapat tiga aspek yang perlu diperhatikan saat mengecek ban. Berikut ulasannya.

1. Kondisi fisik ban

Cara termudah untuk memeriksa kondisi ban adalah melihatnya secara langsung. Pastikan tidak ada kerusakan fisik, baik pada bagian telapak ban maupun side wall.

Selain itu, periksa juga kemungkinan ban mengalami keausan atau kerusakan tidak merata pada spot tertentu (spot wear).

(Baca juga: Pemilik Mobil SUV Harus Tahu Tipe Ban yang Cocok Digunakan Sesuai dengan Jenis Medan)

Pengguna kendaraan juga harus memeriksa keberadaan goresan (thread cut/chipping) pada ban yang dapat memengaruhi kinerja dan keamanannya.

2. Tekanan angin ban

Agar dapat mengalirkan air dengan baik saat melintasi jalanan basah akibat hujan, ban sebaiknya diisi dengan tekanan angin sesuai petunjuk penggunaan pada masing-masing kendaraan.

Tekanan angin yang tepat juga dapat meminimalisasi kenaikan suhu pada ban saat bergesekan dengan permukaan jalan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menyempatkan diri untuk memeriksa tekanan angin sebelum melakukan perjalanan jauh.

3. Kondisi telapak ban

Sebelum road trip, Anda juga harus memastikan telapak ban dalam kondisi bagus dan tidak gundul. Dengan begitu, perjalanan Anda akan semakin aman dan nyaman.

Pasalnya, telapak yang masih bagus membuat ban memiliki grip atau daya cengkeram yang baik pula. Di jalanan kering, misalnya, ban tidak mudah mengalami selip.

Di kondisi basah, air di permukaan ban bakal mudah dialirkan. Hal ini menghindarkan kendaraan mengalami aquaplaning karena ban tidak mencengkeram dengan baik.

(Baca juga: Jangan Abai! Perhatikan Tips Berikut agar Aman Saat Berkendara di Jalan Tol)

Cara paling mudah untuk mengeceknya adalah memeriksa tread wear indicator (TWI). Pastikan bahwa telapak atau kembang ban tidak kurang dari TWI tersebut.

Itulah ketiga aspek penting yang harus diperhatikan untuk memastikan ban mobil dalam keadaan aman dan nyaman untuk road trip pada momen Nataru.

Selain itu, penting pula untuk selalu memilih ban dengan kualitas tepercaya, misalnya Bridgestone. Sebagai produsen ban yang sudah eksis di Indonesia selama lebih dari 45 tahun, Bridgestone memiliki lini produk lengkap yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan dan perjalanan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Bridgestone, Anda dapat mengunjungi laman bridgestone.co.id atau jaringan resmi Bridgestone, seperti Toko Model (Tomo), Bridgestone One Stop Service, Bridgestone Truck Tire Center, serta lebih dari 1.500 toko ban dan bengkel umum lain.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.