Kompas.com - 27/12/2021, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya embun pada bagian kaca helm tidak terhindarkan selama musim hujan ini. Selain mengganggu penglihatan, embun bisa mengotori visor dan meninggalkan noda.

Kaca yang berembun terjadi karena adanya pertemuan panas dan dingin. Suhu dingin saat musim hujan bertemu dengan suhu tubuh yang lebih hangat di balik helm kemudian menghasilkan embun. Selama musim hujan, hal ini sulit dihindari.

Secara umum, pengendara motor bisa menggunakan anti fog untuk mengurangi embun pada visor motor. Namun dalam situasi darurat, anti fog relatif susah ditemukan di minimarket.

Baca juga: Tidak Pakai Helm SNI, Pengendara Motor Bisa Didenda Rp 250.000

Ada alternatif lain yang bisa dicoba jika tidak ada anti fog. Ternyata, shaving foam bisa jadi alternatif untuk mereduksi embun pada visor helm.

"Foam itu kan kayak semacam ngelapisin film gitu. Untuk sementara aja, nggak sampai lama. Tapi lumayan untuk digunakan dari rumah sampai ke kantor," kata Ahmad M, pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Senin (27/12/2021).

Shaving foam juga dikatakan memiliki harga yang lebih murah ketimbang spray anti fog. Selain itu, shaving foam juga mudah ditemukan di minimarket dan sejenisnya.

Helm 100th Anniversary Suzuki bercorak Suzuki Ecstar MotoGPFoto: Ridepart Helm 100th Anniversary Suzuki bercorak Suzuki Ecstar MotoGP

Cara pemakaiannya juga cukup mudah, mirip dengan pengaplikasian anti fog pada kaca.

"Di bagian visor tersebut, dikasih foam. Setelah disemprot langsung dilap. Disemprot ke visor bagian luar dan dalam, kemudian dilap kering," jelasnya.

Visor kemudian dilap hingga kering dan mengkilap. Setelah itu, helm sudah siap digunakan. Lapisan shaving foam dapat bertahan cukup lama, namun cara ini harus diulang lagi setiap helm akan digunakan.

"Foam cukup untuk reduksi embun, misalnya perjalanan dari rumah ke kantor. Nanti ketika pulang, kalau hujan, pakai lagi," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.