Alasan Dirt Track Jadi Menu Wajib Latihan di VR46 Riders Academy

Kompas.com - 27/12/2021, 18:11 WIB
Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt track Dok. @valeyellow46Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt track

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi mendirikan VR46 Riders Academy untuk mengembangkan talenta para pebalap muda Italia. Banyak latihan yang dijalankan di akademi tersebut.

Salah satu yang menjadi menu wajib latihan pada VR46 Riders Academy adalah berlatih di sirkuit dirt track. Latihan dengan menggunakan motor trail di trek berpasir ini disebut memiliki banyak manfaat untuk pebalap MotoGP.

Baca juga: Teknisi Tangan Kanan Valentino Rossi Jadi Kepala Kru VR46 Racing Team

Project Leader VR46 Alessio Salucci, mengatakan, berlatih di sirkuit dirt track sudah menjadi bagian dari program latihan mingguan.

Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt trackDok. @valeyellow46 Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt track

"Dilakukan pada hari Sabtu, lalu kami makan dan minum, melihat foto-foto dan mencoba untuk meningkat," ujar pria yang akrab disapa Uccio, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Senin (27/12/2021).

Pelajaran penting dari berlatih di sirkuit dirt track adalah pada saat motor berada dalam kondisi "sideways", di mana bagian belakang motor bergerak ke arah sebaliknya saat menikung.

Baca juga: Optimisme Duet Pebalap VR46 Racing Team Musim Depan

Menurut Rossi, kondisi tersebut melatih insting dan kemampuan pebalap saat motor MotoGP memiliki grip yang minim, khususnya saat masuk dan keluar tikungan. Ternyata, latihan di sirkuit dirt track diajarkan oleh ayah Rossi, yakni Graziano Rossi.

Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt trackDok. @valeyellow46 Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt track

"Graziano Rossi adalah gurunya, dia melakukannya pada motor dan juga mobil. Sejak awal, ini menjadi dasar dari latihan," kata CEO VR46 Alberto Tebaldi.

Tiap akhir tahun, Rossi bersama VR46 Riders Academy juga menggelar "100 Km dei Campioni" yang merupakan ajang balap di sirkuit dirt track.

Pesertanya tidak hanya para murid Rossi sendiri, tapi juga pebalap top lainnya, bahkan dari kejuaraan balap lainnya di luar MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.