Kompas.com - 27/12/2021, 10:22 WIB
Bus dual-mode vehicle (DMV) di Jepang Reuters.comBus dual-mode vehicle (DMV) di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Diklaim yang pertama kali ada di dunia, perusahaan Asa Coast Railway di Jepang mengeluarkan inovasi kendaraan mode ganda alias dual-mode vehicle (DMV) yang bisa berjalan di atas rel kereta api dan jalan raya.

Mengutip Reuters, Minggu (26/12/2021), kendaraan DMV yang baru saja dikenalkan ke publik di Prefektur Tokushima, Jepang, memiliki tampilan seperti minibus.

Ketika DMV berjalan di atas lintasan aspal, kaki-kakinya tetap menggunakan roda layaknya bus pada umumnya. Namun saat di persimpangan rel kereta api, roda baja bisa diturunkan dari bagian kolong bumper depan dan mengangkat bannya.

Baca juga: PO Gunung Harta Buka Trayek Baru dengan Bus Double Decker

Dengan demikian, memungkinkan DMV berjalan layaknya sebuah gerbong kereta. Tapi untuk roda karet bagian belakang, posisinya tetap berada di bawah lantaran sebagai pendorong atau penggerak.

Bus dual-mode vehicle (DMV) di JepangReuters.com Bus dual-mode vehicle (DMV) di Jepang

Shigeki Miura, CEP Asa Coast Railway yang mengoperasikan DMV mengatakan, keberadaan kendaraan multifungsi tersebut bisa membantu transportasi di kota-kota kecil seperti Kaiyo yang mana populasi masyarakatnya mulai menua.

"DMV dapat menjangkau penduduk setempat sebagai bus, dan membawa mereka ke rel juga. Terutama di daerah pedesaan dengan populasi yang menua, kami harap ini jadi bentuk transportasi umum yang sangat baik," ujar Miura.

Dari segi kapasitas, DMV bisa membawa 21 penumpang. Kendaraan tersebut mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam (kpj) di atas rel kereta api dan 100 kpj di jalan beraspal.

Baca juga: Toyota Fortuner Legender 2.8 L Meluncur Awal Tahun 2022

Bus dual-mode vehicle (DMV) di JepangReuters.com Bus dual-mode vehicle (DMV) di Jepang

Sayangnya tak ada penjelasan lebih detail soal urusan dapur pacu, Miura hanya mengatakan bila DMV didukung dengan mesin penenggak solar alias diesel.

Nantinya, armada DMV bakal dikelir dengan tampilan yang warna-warni dan akan melayani di sepanjang bagian pantai Pulau Shokoku sebagai transportasi yang menghubungkan kota-kota kecil di sekelilingnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.