Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Dirt Track Jadi Menu Wajib Latihan di VR46 Riders Academy

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi mendirikan VR46 Riders Academy untuk mengembangkan talenta para pebalap muda Italia. Banyak latihan yang dijalankan di akademi tersebut.

Salah satu yang menjadi menu wajib latihan pada VR46 Riders Academy adalah berlatih di sirkuit dirt track. Latihan dengan menggunakan motor trail di trek berpasir ini disebut memiliki banyak manfaat untuk pebalap MotoGP.

Project Leader VR46 Alessio Salucci, mengatakan, berlatih di sirkuit dirt track sudah menjadi bagian dari program latihan mingguan.

"Dilakukan pada hari Sabtu, lalu kami makan dan minum, melihat foto-foto dan mencoba untuk meningkat," ujar pria yang akrab disapa Uccio, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Senin (27/12/2021).

Pelajaran penting dari berlatih di sirkuit dirt track adalah pada saat motor berada dalam kondisi "sideways", di mana bagian belakang motor bergerak ke arah sebaliknya saat menikung.

Menurut Rossi, kondisi tersebut melatih insting dan kemampuan pebalap saat motor MotoGP memiliki grip yang minim, khususnya saat masuk dan keluar tikungan. Ternyata, latihan di sirkuit dirt track diajarkan oleh ayah Rossi, yakni Graziano Rossi.

"Graziano Rossi adalah gurunya, dia melakukannya pada motor dan juga mobil. Sejak awal, ini menjadi dasar dari latihan," kata CEO VR46 Alberto Tebaldi.

Tiap akhir tahun, Rossi bersama VR46 Riders Academy juga menggelar "100 Km dei Campioni" yang merupakan ajang balap di sirkuit dirt track.

Pesertanya tidak hanya para murid Rossi sendiri, tapi juga pebalap top lainnya, bahkan dari kejuaraan balap lainnya di luar MotoGP.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/27/181100915/alasan-dirt-track-jadi-menu-wajib-latihan-di-vr46-riders-academy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke