Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Parkir Aman di Tanjakan bagi Pengguna Mobil Matik

Kompas.com - 24/12/2021, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi orang yang baru bisa atau belum berpengalaman mengemudikan mobil, parkir menjadi salah satu hal yang menakutkan. Sebab, memarkir mobil juga memerlukan perhitungan agar tidak terjadi kecelakaan.

Apalagi, untuk parkir dalam kondisi jalan tertentu, seperti tanjakan. Tentunya, pengemudi harus benar-benar memerhatikan banyak hal.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ingat Risiko Parkir Mobil di Bawah Pohon

Jika ada kesalahan, kendaraan bisa saja berjalan mundur dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Sehingga, tak hanya diri sendiri yang dirugikan, tapi juga pengguna jalan lainnya.

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, memarkir kendaraan di tanjakan sebenarnya tidak sulit.

"Kalau mobil dengan transmisi matik, sudah ada transmisi khusus untuk parkir yang bisa mengunci mobil agar tidak mundur. Namun, harus tetap ada tindakan preventif untuk jaga-jaga," ujar Marcell, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Selain Mengganggu, Parkir Mobil Sembarangan Juga Ada Dendanya

Marcell menambahkan, ada beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan saat parkir di tanjakan baik untuk mobil matik dan manual.

Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.

Saat parkir di tanjakan yang terdapat trotoar, belokkan kemudi ke kanan. Tindakan ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila kinerja rem tangan tidak maksimal atau bermasalah saat parkir, mobil tidak akan meluncur ke bawah karena tertahan di trotoar.

Tapi, saat parkir di tanjakan yang tidak terdapat trotoar, kemudi dibelokkan ke kiri. Sehingga, saat terjadi masalah pada rem tangan, mobil akan mengarah ke pinggir jalan.

"Posisikan transmisi di P untuk mobil matik saat parkir di tanjakan," kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com