Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Drag Race buat Pelaku Balap Liar Siap Digelar 15 Januari 2022

Kompas.com - 23/12/2021, 13:56 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang balap liar belakangan ini telah menyita perhatian berbagai kalangan. Polda Metro Jaya dan sejumlah instansi berkepentingan menyepakati untuk memberikan wadah kegiatan yang resmi untuk menyalurkan bakat dan minat pelaku balap liar.

Lewat sejumlah diskusi, hasilnya muncul rencana untuk menggelar ajang drag race atau balap adu lurus di kawasan Ancol pada 15 Januari 2022.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, lokasi drag race itu bukan berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga: Tips Mudah Melihat Ciri-ciri Ban Mobil yang Sudah Kedaluwarsa

Polsek Kemayoran menindak pemuda yang balap liar di Kemayoran, Minggu (15/3/2021).Dok Polsek Kemayoran Polsek Kemayoran menindak pemuda yang balap liar di Kemayoran, Minggu (15/3/2021).

“Lintasan yang kemarin kita survei dan sudah ada beberapa lokasi misalnya di BSD dan Ancol,” ujar Sambodo, disitat dari NTMC Polri (23/12/2021).

“Tapi Ancolnya yang di luar ya, yang pinggir kali, bukan di dalam Kompleks Taman Impian Jaya Ancol. Sementara event itu akan dilaksanakan tanggal 15 Januari,” kata dia.

Sambodo juga mengatakan, pihaknya telah menerima aspirasi para pebalap jalanan dalam diskusi yang digelar belum lama ini. Para pebalap jalanan itu menyepakati wacana balapan tersebut dengan konsep drag race.

Baca juga: Balap Formula E Jakarta Bakal Digelar di Ancol

Motor-motor balap yang digunakan di ajang Yamaha Cup Race 2019 seri kedua di Sirkuit Pancing, Medan, Sumatera Utara, 29-30 Juni.Kompas.com/Alsadad Rudi Motor-motor balap yang digunakan di ajang Yamaha Cup Race 2019 seri kedua di Sirkuit Pancing, Medan, Sumatera Utara, 29-30 Juni.

“Ini kan baru first step dan disepakati drag race. Jadi kita cari trek yang lurus apakah 200 meter, apa 420 meter atau 500 meter,” ucap Sambodo.

Ia berharap, ajang drag race itu bisa mengubah stigma terhadap balap liar. Selain itu, balap drag race resmi ini itu diharapkan dapat menghilangkan aksi balap liar yang berada di Jakarta.

“Tujuan utama atau goals-nya adalah kita berupaya dengan event seperti ini dan menyiapkan lokasi mereka untuk melaksanakan latihan ini bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan,” kata Sambodo.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Jakarta Utara, 7 Kendaraan Ringsek

Persaingan sengit para pebalap untuk menempati posisi pertama pada gelaran pamungkas Honda Dream Cup 2019 di Cimahi, Jawa Barat (24/11/2019). KOMPAS.com/Anggara Wikan Prasetya Persaingan sengit para pebalap untuk menempati posisi pertama pada gelaran pamungkas Honda Dream Cup 2019 di Cimahi, Jawa Barat (24/11/2019).

“Kedua mentransformasi yang tadinya balapan itu menjadi ajang mengganggu ketertiban dan mengganggu jalan, ada tawuran, tapi semoga ini bisa membuat balapan ini lebih tertib, lebih sehat, lebih safety, lebih terkendali,” ujar dia.

Tak ketinggalan, dengan adanya ajang balap ini bisa mewujudkan impian para pebalap untuk membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com