Langkah Pemerintah Kurangi Kecelakaan Truk Trailer di Jalan Raya

Kompas.com - 20/12/2021, 19:41 WIB
Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021). Screenshot Instagram @infobandungkotaKecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan truk trailer terguling memang beberapa kali terjadi dalam 6 bulan terakhir. Ada berbagai alasan kenapa truk trailer alami kecelakaan, seperti tidak kuat menanjak, pengunci rusak, sampai over loading.

Tentu saja jika truk trailer alami kecelakaan, banyak pihak yang dirugikan. Truk trailer yang punya dimensi cukup panjang ketika terguling bisa menghalangi jalan, atau lebih parah, menimpa pengguna jalan lain.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengatakan, pihaknya berharap para operator mengikuti pembinaan yang dilakukan Kementerian Perhubungan bersama KNKT, Dishub, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan Polri.

Baca juga: Ban Mobil Rusak Hantam Lubang di Tol, Pengemudi Bisa Minta Ganti Rugi

Ramp check Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Pelabuhan Tanjung PriokDOK. DITJEN HUBDAT Ramp check Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Pelabuhan Tanjung Priok

“Nanti akan dilakukan pembinaan secara terus menerus, termasuk pengemudinya. Kemarin sudah dilakukan pelatihan kepada pengemudi kontainer oleh KNKT dan Otoritas Pelabuhan,” ucap Budi di Jakarta, Sabtu (18/12/2021).

Ke depan, Budi mengatakan kalau pelatihan akan diteruskan dan pihaknya hadir secara rutin untuk meningkatkan pemahaman berkeselamatan. Hal ini berlaku baik untuk operator maupun pengemudinya.

“Jadi kolaborasi ini akan kita lakukan terus-menerus sehingga semakin banyak masyarakat yang memahami aturan kendaraan,” kata Budi.

Baca juga: Honda CB150X Meluncur di Jawa Tengah, Ini Banderolnya

Menurut hasil investigasi KNKT pada empat kecelakaan truk trailer, semua trailer tidak melakukan uji berkala (uji KIR). Selain itu, pemahaman soal pengemudi dengan trailernya juga masih minim.

“Seharusnya kendaraan seperti ini (truk trailer) kartu KIR-nya ada dua, untuk kepala truk dan trailer. Tapi seringnya yang ini (trailer) jarang di-KIR,” kata Ahmad Wildan, Senior Investigator KNKT di Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.