Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Langkah Pemerintah Kurangi Kecelakaan Truk Trailer di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan truk trailer terguling memang beberapa kali terjadi dalam 6 bulan terakhir. Ada berbagai alasan kenapa truk trailer alami kecelakaan, seperti tidak kuat menanjak, pengunci rusak, sampai over loading.

Tentu saja jika truk trailer alami kecelakaan, banyak pihak yang dirugikan. Truk trailer yang punya dimensi cukup panjang ketika terguling bisa menghalangi jalan, atau lebih parah, menimpa pengguna jalan lain.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengatakan, pihaknya berharap para operator mengikuti pembinaan yang dilakukan Kementerian Perhubungan bersama KNKT, Dishub, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan Polri.

“Nanti akan dilakukan pembinaan secara terus menerus, termasuk pengemudinya. Kemarin sudah dilakukan pelatihan kepada pengemudi kontainer oleh KNKT dan Otoritas Pelabuhan,” ucap Budi di Jakarta, Sabtu (18/12/2021).

Ke depan, Budi mengatakan kalau pelatihan akan diteruskan dan pihaknya hadir secara rutin untuk meningkatkan pemahaman berkeselamatan. Hal ini berlaku baik untuk operator maupun pengemudinya.

“Jadi kolaborasi ini akan kita lakukan terus-menerus sehingga semakin banyak masyarakat yang memahami aturan kendaraan,” kata Budi.

Menurut hasil investigasi KNKT pada empat kecelakaan truk trailer, semua trailer tidak melakukan uji berkala (uji KIR). Selain itu, pemahaman soal pengemudi dengan trailernya juga masih minim.

“Seharusnya kendaraan seperti ini (truk trailer) kartu KIR-nya ada dua, untuk kepala truk dan trailer. Tapi seringnya yang ini (trailer) jarang di-KIR,” kata Ahmad Wildan, Senior Investigator KNKT di Jakarta.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/20/194100015/langkah-pemerintah-kurangi-kecelakaan-truk-trailer-di-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke