Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepele tapi Penting, Ini Fungsi Pandangan Mata Saat Naik Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik sepeda motor merupakan kegiatan penuh risiko, karena itu pengendara motor dituntut untuk selalu fokus agar bisa mengantisipasi keadaan sekitar.

Salah satu hal penting dala berkendara ialah pandangan mata. Mata disebut sebagai "jangkar" karena mata yang akan mengarahkan badan dan motor saat di jalan.

Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, saat berkendara pastikan pandangan melihat jauh ke depan.

"Ketika kita melihat ke satu titik saat berkendara maka secara otomatis tubuh akan membawa atau menggerakkan kendaraan ke arah yang dituju," kata Agus kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Selain itu guna pandangan mata jauh ke depan ialah untuk melihat rambu dan informasi lain. Termasuk untuk memprediksi terjadinya ancaman keselamatan di depan.

"Pandangan mata yang benar saat berkendara adalah melihat jauh ke depan agar kita mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai rute, rambu dan potensi bahaya yang ada di depan kita," katanya.

Apalagi kata Agus jika dalam kecepatan tinggi. Sebab dalam kecepatan tinggi pandangan mata bakal makin fokus dan mengecil.

"Yang perlu diketahui oleh pengendara adalah semakin tinggi kecepatan kendaraan maka akan semakin kecil luas pandangan visual kita saat berkendara sehingga semakin tinggi kecepatan maka harus makin fokus untuk melihat jauh ke depan," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/20/184100015/sepele-tapi-penting-ini-fungsi-pandangan-mata-saat-naik-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke