Ini 4 Pos Pemeriksaan di Cianjur Selama Masa Libur Nataru

Kompas.com - 20/12/2021, 13:18 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com - Jelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kabupaten Cianjur ikut mengetatkan mobilitas masyarakat di perbatasan antar daerah.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur bakal menyiapkan 4 pos pengamanan sebagai checkpoint sekaligus pemeriksaan syarat perjalanan dan protokol kesehatan.

Lebih detail, keempat pos tersebut didirikan di Seger Alam, Jalur Jonggol Cikalongkulon, Kawasan Jembatan Citarum, dan Ruas Gekbrong.

Sama seperti aturan perjalanan darat yang sudah dirilis oleh Pemerintah, masyarakat yang melakukan perjalanan lintas daerah wajib sudah divaksin dan membawa hasil negatif rapid test antigen.

Baca juga: Promo Suzuki Akhir Tahun, DP Murah dan Diskon

Jika ditemukan masyarakat yang tidak memenuhi syarat tersebut, maka petugas yang berwenang bakal memutarbalikkan kendaraan.

Menyitat Kompas.com, Senin (20/12/2021), Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan menyebutkan, selain pos pengamanan, pihaknya bakal menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas seperti sistem ganjil genap dan contraflow menuju Jalur Puncak. Hal ini dilakukan jika terjadi lonjakan volume kendaraan.

Aturan Perjalanan Darat pada Masa Libur Nataru

Pemeriksaan syarat perjalananJasa Marga Pemeriksaan syarat perjalanan

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 109 Tahun 2021 yang dirilis Kementerian Perhubungan (Kemenhub), aturan terbaru mengenai perjalanan dengan transportasi darat berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Baca juga: Kia Carens Generasi Baru Hadir, Tampilan Jadi Ala SUV

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyampaikan dalam keterangan resminya, Sabtu (18/12/2021), aturan tersebut berlaku baik untuk pengguna kendaraan pribadi maupun angkutan penumpang umum.

Dalam aturan di SE 109 ini, setiap pelaku perjalanan wajib sudah divaksin lengkap 2 dosis dan diperiksa dengan hasil negatif rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam.

Lantas bagi pengguna kendaraan pribadi, untuk mengendalikan perjalanan orang nantinya dapat dilakukan pengaturan lalu lintas sesuai dengan diskresi Polri. Hal ini bisa berlaku di jalan tol dan non-tol dengan manajemen lalu lintas seperti contraflow, satu arah, maupun ganjil genap

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.