Tim Satelit Yamaha Bicara Soal Peluang Rekrut Toprak

Kompas.com - 18/12/2021, 18:12 WIB
Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berfoto dengan papan tanda juara dunia 2021 seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021. ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYUPebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berfoto dengan papan tanda juara dunia 2021 seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai Toprak Razgatlioglu menjadi juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021, banyak yang memprediksi pebalap asal Turki tersebut akan pindah ke MotoGP.

Namun, kabar tersebut langsung ditepis oleh Toprak sendiri. Dia mengatakan ingin berada di WorldSBK satu musim, sekaligus menghabiskan kontraknya.

Baca juga: Kata Galang Hendra Soal Performa Yamaha All New R15 di Sirkuit

Artinya, Toprak sendiri membuka kemungkinan dirinya untuk pindah ke MotoGP pada 2023. Saat bersamaan, beberapa pebalap di MotoGP juga habis kontraknya di akhir musim 2022.

Razlan Razali, Team Principal RNF RacingDok. Bikesrepublic.com Razlan Razali, Team Principal RNF Racing

Razlan Razali, Team Principal WithU Yamaha, mengatakan, dirinya sangat menyukai Toprak. Dia juga mengungkapkan ketertarikannya pada Toprak.

"Di saat yang bersamaan, saya menghargai dan memahami jika dia ingin meraih tujuannya dulu dengan Superbike sebelum ke MotoGP," ujar Razali, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Gas Yamaha All New R15 dan R15M di Sirkuit Sentul

Soal kesempatan Toprak menjadi pebalap pengganti atau pebalap cadangan, sebenarnya tidak menutup kemungkinan. Razali juga menjelaskan alasan mengapa Toprak tidak pernah menjadi pebalap pengganti, seperti Cal Crutchlow, Garrett Gerloff, dan Jake Dixon.

Rider asal Turki, Toprak Razgatlioglu (PATA Yamaha), meraih gelar Juara Dunia WSBK di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Rider asal Turki, Toprak Razgatlioglu (PATA Yamaha), meraih gelar Juara Dunia WSBK di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).

"Ada beberapa jadwal yang bentrok di kalender WorldSBK dan MotoGP di 2021. Itulah mengapa Toprak tidak pernah bisa hadir untuk kami," kata Razali.

Razali menambahkan, jika musim ini Toprak sudah menjadi juara dunia WorldSBK, dia akan bersedia menjadi pebalap tim satelit Yamaha untuk musim depan.

Potret Toprak Razgatlioglu ikut memotong rumput bersama pekerja Sirkuit Mandalika.Akun Instagram @toprak_tr54 Potret Toprak Razgatlioglu ikut memotong rumput bersama pekerja Sirkuit Mandalika.

Untuk musim depan, meskipun jadwalnya tidak bentrok, taoi Razali berharap Toprak tidak menjadi pebalap pengganti musim depan.

"Di satu sisi, saya berharap tidak ada satu pun pebalap saya yang cedera," ujar Razali.

Selain itu, menurut Razali, menjadi pebalap pengganti juga tidaklah mudah. Hal itu sudah terbukti dari para pebalap cadangan Yamaha musim ini.

Toprak RazgatliogluDok. @toprak_tr54 Toprak Razgatlioglu

"Kami tahu pebalap pengganti selalu memiliki tugas yang sulit, tidak peduli seberapa bagus pebalap itu. Tugasnya sangat berbeda, khususnya untuk seorang pebalap superbike," kata Razali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.