Kata Galang Hendra Soal Performa Yamaha All New R15 di Sirkuit

Kompas.com - 18/12/2021, 11:22 WIB
Galang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15M Dok. YIMMGalang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15M

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini menggelar sesi test ride All New R15 dan R15M. Selain mengundang media dan komunitas, Yamaha juga mengajak pebalapnya, yakni Galang Hendra Pratama.

Galang Hendra merupakan pebalap binaan Yamaha yang sekarang ini berkompetisi di ajang balap internasional di World Superbike (WorldSBK) di kelas World Supersport (WorldSSP).

Baca juga: Yamaha Kena Dampak Krisis Microchip

Galang Hendra juga berkesempatan untuk mencoba All New R15 dan R15M pada sesi test ride yang digelar di Sentul International Circuit, Bogor, Kamis (16/12/2021).

All New R15M Connected ABSKOMPAS.com/ADITYO WISNU All New R15M Connected ABS

Menurut pebalap kelahiran Yogyakarta tersebut, secara basis mesin motor sport ini masih sama seperti generasi sebelumnya. Namun demikian, ada peningkatan yang dirasakannya saat melaju di sirkuit.

"Dari ergonomis dan aerodinamisnya lebih baik. Quick shifter juga sudah ada, untuk harian sangat baik. Sebab, tidak seperti yang dipakai untuk balapan, ini juga soft dan smooth," ujar Galang Hendra, kepada wartawan.

Baca juga: Quick Shifter Yamaha All New R15 Bisa Beli Terpisah

Galang Hendra menambahkan, fitur kontrol traksi atau Traction Control System (TCS) pada motor ini juga sangat berguna dalam berkendara harian.

Galang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Galang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15M

"TCS juga tadi saya coba burnout, kalau TCS aktif, dia langsung nge-cut (tenaga). Jadi, motor ini benar-benar aman untuk di jalan raya. Kalau ada slide sedikit atau wheelie sedikit juga di-cut," kata Galang Hendra.

Selain itu, sudah ada juga track mode di R15M. Menurut Galang Hendra, untuk yang mau pakai motor ini di sirkuit, tidak perlu lagi beli timer aftermarket.

Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Yamaha All New R15 dan R15M
Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Yamaha All New R15 dan R15M

All New R15M Connected-ABS terdiri dari pilihan warna Icon Performance dan Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery. Sedangkan All New R15 Connected memiliki warna Icon Blue dan Tech Black.

All New R15M Connected-ABS dipasarkan dengan harga Rp 43,5 juta (OTR Jakarta) dan All New R15 Connected seharga Rp 38,9 juta (OTR Jakarta). Sedangkan All New R15M Connected-ABS edisi terbatas World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp 44,1 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.