Mengenal Perbedaan Cara Kerja Transmisi pada Sepeda Motor

Kompas.com - 17/12/2021, 17:41 WIB
Bagian mesin motor skutik Otomania/Setyo AdiBagian mesin motor skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Transmisi pada sepeda motor umumnya terbagi atas dua jenis. Manual biasanya terbagi lagi menjadi kopling dan semi otomatis (tanpa kopling).

Transmisi ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dari poros engkol dan mengatur tenaga mesin sesuai keinginan tingkat kecepatan.

Dijelaskan oleh Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi, perbedaannya terdapat pada cara kerjanya (sistem perpindahan gigi).

Baca juga: Pentingnya Blokir STNK Saat Kendaraan Sudah Dijual

“Kalau kopling manual, prosesnya daya dari poros engkol diteruskan ke kopling primer (tanpa kampas ganda), kemudian ke kopling sekunder dengan penghubung handel kopling, yang berfungsi memutus dan meneruskan daya gerak ke main shaft (gear depan),” ucap Ribut saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Sedangkan untuk semi manual (tanpa kopling), daya dari poros engkol diteruskan melalui kopling primer dengan kampas ganda ke kopling sekunder.

Kopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutinIstimewa Kopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutin

“Ada komponen khusus EPBS (External Primary Brake System) untuk memperhalus perpindahan gigi dan tidak dilengkapi handle kopling, dikarenakan sudah otomatis memakai kampas ganda (perputaran searah dengan putaran mesin), dan diteruskan ke mainshaft (gear depan),” kata dia.

Pada dasarnya transmisi manual (kopling) dan semi otomatis sama saja, namun yang membedakan dari sistem koplingnya.

Baca juga: TVS Motor dan BMW Motorrad Kerja Sama Bikin Motor Listrik

Adapun untuk transmisi otomatis, Ribur menjelaskan, sistem kopling menganut kopling ganda serta roller tipe kering.

“Jadi sistem kerja berdasarkan gerak sentrifugal dan menggerakkan roller meneruskan daya poros engkol dengan van belt diteruskan kanvas kopling ganda ke poros roda belakang,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.