Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fungsi Pakai Balaclava Saat Berkendara

Kompas.com - 10/12/2021, 17:48 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBalaclava merupakan perangkat yang digunakan pada kepala pengendara sebelum menggunakan helm. Biasanya, balaclava menutup seluruh bagian kepala keciali mata dan hidung.

Balaclava juga terbuat dari berbagai bahan, ada yang licin dan juga katun. Begitu pun dengan harganya yang bervariasi, bisa mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 800.000 juga ada.

Lalu apa fungsi dari menggunakan balaclava ketika berkendara?

Baca juga: Akhir Pekan Ini, Polres Cilegon Uji Coba Ganjil Genap di Jalur Wisata Pantai Anyer

Helm full faceDok. DAM Helm full face

Pegiat Komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, fungsi dari balaclava diantaranya memudahkan pengendara merapikan rambut ketika pakai helm, membuat helm jadi tidak bau dan menahan debu.

“Balaclava diciptakan untuk memudahkan memakai helm bagi orang dengan rambut yang agak berantakan. Selain itu juga sekalian untuk penahan keringat agar tidak langsung menempel ke bagian dalam helm,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini.

Balaclava biasanya menggunakan bahan yang menyerap keringat, jadi mengurangi bau yang ada di helm. Sama seperti riding gear lain, balaclava juga perlu dirawat dengan cara dicuci rutin.

Baca juga: Jangan Cuek, Pahami Usia Pakai Aki pada Mobil

“Helm tetap bau walau sudah memakai balaclava mungkin karena enggak pernah dicuci dan orangnya punya keringat berlebih. Kalau balaclava sehari enggak diganti, pasti kecut,” kata Ahmad.

Ahmad menyarankan untuk memakai balaclava karena bisa menahan debu dan panas, terutama di bagian kepala sampai leher. Namun perlu diperhatikan juga bahannya, jangan yang terlalu tipis dan licin.

“Bahan balaclava yang licin bisa berbahaya, karena helm jadi terlalu mudah lepas dari kepala pengendara. Bahan katun lebih enak karena cepat menyerap keringat dan panas,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com