Kompas.com - 10/12/2021, 17:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBalaclava merupakan perangkat yang digunakan pada kepala pengendara sebelum menggunakan helm. Biasanya, balaclava menutup seluruh bagian kepala keciali mata dan hidung.

Balaclava juga terbuat dari berbagai bahan, ada yang licin dan juga katun. Begitu pun dengan harganya yang bervariasi, bisa mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 800.000 juga ada.

Lalu apa fungsi dari menggunakan balaclava ketika berkendara?

Baca juga: Akhir Pekan Ini, Polres Cilegon Uji Coba Ganjil Genap di Jalur Wisata Pantai Anyer

Helm full faceDok. DAM Helm full face

Pegiat Komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, fungsi dari balaclava diantaranya memudahkan pengendara merapikan rambut ketika pakai helm, membuat helm jadi tidak bau dan menahan debu.

“Balaclava diciptakan untuk memudahkan memakai helm bagi orang dengan rambut yang agak berantakan. Selain itu juga sekalian untuk penahan keringat agar tidak langsung menempel ke bagian dalam helm,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini.

Balaclava biasanya menggunakan bahan yang menyerap keringat, jadi mengurangi bau yang ada di helm. Sama seperti riding gear lain, balaclava juga perlu dirawat dengan cara dicuci rutin.

Baca juga: Jangan Cuek, Pahami Usia Pakai Aki pada Mobil

“Helm tetap bau walau sudah memakai balaclava mungkin karena enggak pernah dicuci dan orangnya punya keringat berlebih. Kalau balaclava sehari enggak diganti, pasti kecut,” kata Ahmad.

Ahmad menyarankan untuk memakai balaclava karena bisa menahan debu dan panas, terutama di bagian kepala sampai leher. Namun perlu diperhatikan juga bahannya, jangan yang terlalu tipis dan licin.

“Bahan balaclava yang licin bisa berbahaya, karena helm jadi terlalu mudah lepas dari kepala pengendara. Bahan katun lebih enak karena cepat menyerap keringat dan panas,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.