Mitsubishi Sebut Pasar Mobil Listrik Baru Sampai Tahap Edukasi

Kompas.com - 10/12/2021, 08:12 WIB
|

SURABAYA, KOMPAS.com – Sejumlah pabrikan mulai ikut tren elektrifikasi global dengan meluncurkan mobil listrik di pasar Indonesia. Tak ketinggalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang menghadirkan Outlander PHEV sejak 2019.

Meski begitu, penetrasi mobil listrik di Tanah Air masih sedikit. Pabrikan harus bisa meyakinkan konsumen perihal kelebihan-kelebihan yang ditawarkan mobil listrik.

“Kalau kita lihat saat ini memang PHEV sejak pertama kali diperkenalkan total penjualannya mencapai lebih dari 35 unit,” ujar Amiruddin, General Manager of Sales & Marketing Division PT MMKSI, dalam konferensi pers di Surabaya (8/12/2021).

Baca juga: Tes Menanjak Toyota All New Avanza FWD

Mitsubishi Minicab-MiEV, mobil listrik bernuansa retro dengan desain boxy pertama kali meluncur di Tokyo Motor Show 2011.KOMPAS.com/Gilang Satria Mitsubishi Minicab-MiEV, mobil listrik bernuansa retro dengan desain boxy pertama kali meluncur di Tokyo Motor Show 2011.

Menurutnya, penjualan mobil listrik di Indonesia amat bergantung dari keputusan pemerintah terkait pajak yang diterapkan buat mobil ramah lingkungan.

Namun yang tak kalah penting adalah edukasi soal elektrifikasi buat konsumen. Di mana masih banyak konsumen yang belum mengetahui kelebihan-kelebihan mobil listrik.

Amiruddin juga menambahkan, pabrikan perlu waktu lebih banyak untuk mensosialisasikan. Karena memang belum semua orang tahu tentang berbagai jenis mobil listrik, seperti hybrid, PHEV, hingga mobil listrik berbasis baterai.

Baca juga: Makin Galak, Kemenhub Potong 1.156 Truk ODOL di Jawa Timur

Taiwan rajai industri mobil listrikDok. Pixabay.com Taiwan rajai industri mobil listrik

“Dengan kondisi seperti itu, kita perlu meyakinkan konsumen mengenai produk kami dan sosialisasi mengenai keunggulan PHEV,” ucap Amiruddin.

“Ini masih dalam tahapan berupaya mengedukasi market, sehingga marketnya bisa mengerti apa keunggulan produk ini,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.