Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semeru Erupsi, Pertamina Pastikan Ketahanan Stok BBM

Kompas.com - 05/12/2021, 17:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sehubungan dengan insiden bencana alam erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) kemarin, Pertamina Patra Niaga menjelaskan ketahanan stok BBM di wilayah sekitarnya masih aman.

Hal tersebut diungkapkanDeden Mochamad Idhani, Area Manager Communication, Relations & CSR Patra Niaga Jatimbalinus, dalam keterangan resminya, Minggu (5/12/2021).

"Di Kabupaten Lumajang, terdapat 17 SPBU yang saat ini tetap beroperasi," kata Deden menjelaskan.

Baca juga: Tidak Perlu Repot Menghitung, Begini Cara Mudah Mengetahui Besaran Pajak Kendaraan

Lebih lanjut dia menambahkan, di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru terdapat lembaga penyalur terdekat, yaitu SPBU 54.673.10, yang berlokasi di Kecamatan Pronojiwo, 14 kilometer dari Puncak Semeru.

Pertamina memastikan stok BBM di seluruh Indonesia aman seiring dengan peningkatan permintaan Dok. Pertamina Pertamina memastikan stok BBM di seluruh Indonesia aman seiring dengan peningkatan permintaan

"Dikarenakan jembatan Gladak Perak terputus maka SPBU tersebut akan dialihkan supply-nya melalui Integrated Terminal Surabaya dari sebelumnya melalui Fuel Terminal Malang ," ungkap Deden.

Deden menyebutkan Pertashop di desa terdekat yakni Sumberurip, Sumberwuluh, Penanggal, dan Kloposawit terpantau masih tetap beroperasi tapi juga akan dialihkan suplainya dari Fuel Terminal Malang ke Integrated Terminal Surabaya.

Baca juga: Malas Cuci Mobil, Pria Ini Malah Ubah Mobilio Miliknya Jadi Karatan

Pertamina Patra Niaga juga masih berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, seperti BPBD dan kepolisian daerah untuk kelancaran operasional di lapangan.

Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

"Kami akan terus mengevaluasi dan memberikan kabar terbaru terkait operasional di lapangan. Masyarakat tidak perlu panik karena kami berkomitmen untuk mendistribusikan energi hingga ke seluruh wilayah," kata Deden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com