Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Banyumas Luncurkan Bus Trans Banyumas Awal Desember 2021

Kompas.com - 27/11/2021, 11:22 WIB
Arif Nugrahadi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah segera meluncurkan bus Trans Banyumas, Desember 2021. Trans Banyumas merupakan layanan bus bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui program Buy The Service (BTS) yang gratis bagi masyarakat umum.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas Agus Nur Hadi mengatakan, ada 52 unit bus jenis medium yang merupakan bantuan dari Kemenhub. 

Baca juga: Kesulitan Jual Motor Listrik di Indonesia

"Rencananya akan mulai dioperasikan tanggal 5 Desember 2021" kata Agus dilansir Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Dari bus yang tersedia, 46 bus akan digunakan reguler dan 6 bus lainnya untuk cadangan. Bus tersebut akan melayani rute yang menghubungkan wilayah Purwokerto dengan beberapa kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Bus Trans Banyumas akan mulai dioperasikan awal bulan Desember 2021.KOMPAS.COM/DOK PEMKAB BANYUMAS Bus Trans Banyumas akan mulai dioperasikan awal bulan Desember 2021.

Agus mengatakan, untuk sementara masyarakat yang menggunakan layanan bus tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Pasalnya hingga saat ini belum ada regulasi dari Kemenhub yang mengatur besaran tarif bus BTS.

Layanan bus serupa, kata Agus, juga telah diluncurkan di sejumlah kota besar Indonesia, yaitu Palembang, Medan, Solo, Yogyakarta, dan Makassar.

Baca juga: Kendaraan Listrik di Indonesia Bakal Punya 5 Jenis Pelat Nomor

"Sampai belum ditetapkan (regulasinya) masih gratis, kami belum tahu sampai kapan. Kalau berkaca dari lima kota yang sudah beroperasi lebih dulu masih gratis juga," ujar Agus.

Agus menjelaskan, nantinya pembayaran bus Trans Banyumas akan menggunakan sistem pembayaran non-tunai. Untuk dapat menikmati layanan bus tersebut penumpang harus menginstall aplikasi Teman Bus terlebih dahulu.

"Aplikasi bisa diunduh dari Play Store atau App Store. Pembayarannya non-tunai memakai kartu," kata Agus.

Petugas merapikan area halte bus Transjakarta Kampung Melayu di Jakarta Timur, Minggu (28/5/2017). Pembenahan dilakukan pasca-bom yang meledak Rabu (24/5/2017) dan membuat beberapa bagian halte rusak.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Petugas merapikan area halte bus Transjakarta Kampung Melayu di Jakarta Timur, Minggu (28/5/2017). Pembenahan dilakukan pasca-bom yang meledak Rabu (24/5/2017) dan membuat beberapa bagian halte rusak.

Menurut Agus, sistem tersebut akan mulai diterapkan saat awal pengoperasian Bus Trans Banyumas meskipun masih gratis.

"Walaupun masih nol rupiah tetapi polanya harus pakai kartu. Nge-tap kartu dulu untuk melatih ketika nanti sudah ditetapkan tarif sudah terbiasa menggunakan kartu dan membayar dengan uang digital," jelas Agus.

Baca juga: Tol Tangerang-Merak Mulai Bersih-bersih Truk ODOL

Saat ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas sedang menyiapkan 154 bus stop dan 16 halte yang akan menjadi titik naik turun penumpang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rute yang akan dilalui oleh bus Trans Banyumas yang akan beroperasi awal Desember 2021.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng rute Semarang - Kecamatan Godong, Grobogan, Rabu (13/10/2021). DOKUMEN PEMPROV JATENG Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng rute Semarang - Kecamatan Godong, Grobogan, Rabu (13/10/2021). 

Koridor I: Pasar Pon-Terminal Ajibarang melewati rute Halte Pasar Pon-Jalan Jenderal Soedirman-Jalan Yos Sudarso-Jalan Raya Purwokerto Cilongok-Terminal Karanglo Cilongok-Jalan Raya Cilongok Ajibarang-Terminal Ajibarang dan sebaliknya.

Baca juga: Sayonara Karimun Wagon R, Selamat Datang Calon Mobil Hybrid Suzuki

Koridor II: Terminal Notog Patikraja-Terminal Baturraden dengan rute Terminal Notog Patikraja-Jalan Raya Patikraja-Jalan Tanjung-Jalan Pahlawan-Jalan Mayjend Sutoyo-Jalan Jenderal Soedirman-Alun-Alun Purwokerto-Jalan Masjid-Jalan Gatot Soebroto-Jalan Overstate Isdiman-Jalan Prof DR HR Boenyamin-Jalan Raya Baturraden-Terminal Baturraden dan sebaliknya.

Koridor III: Terminal Bulupitu-Terminal Kebondalem dengan rute Terminal Bus Tipe A Bulupitu-Jalan Sultan Agung-Jalan Suwatio-Jalan Gerilya-Bundaran Berkoh-Jalan Gerilya-Jalan Veteran-Jalan Jenderal Soedirman-Jalan KS Tubun-Jalan Raya Beji Karangsalam-Universitas Wijayakusuma-Jalan Candrawijaya-Jalan Suparto-Jalan Moch Besar-Jalan Raya Baturaden-Jalan Sunan Ampel-Jalan Sunan Bonang-Jalan Raya Karangcegak-Jl Hasyim Asy'ari Kembaran-Universitas Muhammadiyah Purwokerto-Jalan KH Ahmad Dahlan-Jl Raden Patah-Jalan Dr Gumbreg-Jalan Gerilya Timur-Jalan Jenderal Soedirman-Jalan Jenderal Soeprapto-Terminal Kebondalem dan sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com