Kompas.com - 25/11/2021, 14:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo mengungkapkan terdapat lima lokasi alternatif untuk perhelatan Formula E di DKI Jakarta.

Lima lokasi itu antara lain, Pantai Indah Kapuk, Sudirman, Ancol, JIExpo Kemayoran, dan Jakarta International Stadium. Namun sampai saat ini, belum ada keputusan mengenai penetapannya.

"Sudirman, PIK, JIS, JIExpo Kemayoran, Ancol, ini yang akan kami suggest ke Presiden RI untuk memilih," katanya, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Repsol Honda Sebut RC213V 2022 Masih Jauh dari Siap

Konferensi pers dukungan Formula E Jakarta 2022 di Gedung Blackstone, Jakarta Pusat (Rabu (24/11/2021)KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Konferensi pers dukungan Formula E Jakarta 2022 di Gedung Blackstone, Jakarta Pusat (Rabu (24/11/2021)

Studi kelayakan lima lokasi tersebut, kata Bamsoet, akan dikerjakan oleh Formula E Operations (FEO) yang kini sudah berada di Jakarta.

Bamsoet optimistis, penyelenggaraan Formula E bisa mendongkrak pariwisata Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

Adapun wilayah yang sebelumnya diajukan, yakni kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan telah dicoret lantaran mendapat pelarangan dari Pemprov DKI Jakarta.

"Penggemar otomotif dunia hadir di sini dan disiarkan oleh 150 televisi dunia dan akan disaksikan minimal 1,8 miliar (orang) seperti (World Superbike) Mandalika kemarin," kata dia.

Baca juga: Motor Listrik Gesits Diklaim Telah Terjual Lebih dari 3.000 Unit

Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.Youtube/Michelin Passion Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.

Pada kesempatan yang sama, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo menyatakan, pihaknya akan melakukan studi kelayakan ke lima lokasi tersebut.

Alberto juga mengatakan, keputusan lokasi sepenuhnya ada di tangan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Mudah mudahan sebelum natal sudah ada keputusannya. Kita kan mengajukan proposal ke Presiden Indonesia, dan beliau lah yang akan mengambil keputusan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.