Avante H7 AB buatan Tentrem Lolos Uji Guling Standar Eropa

Kompas.com - 23/11/2021, 14:41 WIB
Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

TANGERANG, KOMPAS.comKaroseri Tentrem turut meramaikan GIIAS 2021 dan mejeng di booth Hino. Karoseri asal Malang, Jawa Timur ini juga membawa produk baru, yaitu Avante H7 AB atau Aluminium Body.

Bodi bus baru buatan Karoseri Tentrem ini diklaim punya berat yang lebih ringan 500 kg dibanding H7 biasa. Selain itu juga sudah dipasang spion kamera serta kamera 360 derajat, sebuah fitur baru yang hadir di bus.

Kemudian, bodi Avante H7 AB ini juga sudah lolos uji guling standar United Nation Economic Commission for Europe (UN ECE) Regulation No. 66. Sehingga struktur bodinya sudah sesuai regulasi yang ada di Eropa ketika terguling.

Baca juga: Lebih Lengkap tapi Lebih Mahal, Veloz Bakal Senggol Pasar Rush?

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem mengatakan, saat ini di Indonesia karoseri belum punya sertifikasinya UN ECE, tetapi juga sedang dalam tahap menuju bodi bus yang tersertifikasi uji guling.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Secara software, kita sudah teruji (UN ECE R66),” ucap Hendro kepada Kompas.com di Tangerang belum lama ini.

Namun untuk pengujian secara langsung dengan menggulingkan bodi bus masih belum dilakukan Karoseri Tentrem. Hal ini perlu diapresiasi, mengingat belum ada regulasi yang mewajibkan bodi bus buatan karoseri harus lolos uji tertentu.

Baca juga: Pindad Pasang Target PenJualan 100.000 Unit Motor Listrik MotoEV

Tentu saja langkah ini diambil demi meningkatkan keselamatan dan keamanan dari bodi bus yang dibuat di Indonesia. Sehingga nantinya tercipta bodi bus yang lebih aman untuk penumpang maupun pengemudinya ketika terguling.

Uji guling dengan standar UN ECE R66 juga sudah dilakukan oleh Karoseri Laksana untuk bodi Legacy SR2 HD Prime. Harapannya tentu karoseri di Indonesia semakin sadar akan keamanan bodinya demi keselamatan penumpang di kabinnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.