Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Avante H7 AB buatan Tentrem Lolos Uji Guling Standar Eropa

TANGERANG, KOMPAS.com – Karoseri Tentrem turut meramaikan GIIAS 2021 dan mejeng di booth Hino. Karoseri asal Malang, Jawa Timur ini juga membawa produk baru, yaitu Avante H7 AB atau Aluminium Body.

Bodi bus baru buatan Karoseri Tentrem ini diklaim punya berat yang lebih ringan 500 kg dibanding H7 biasa. Selain itu juga sudah dipasang spion kamera serta kamera 360 derajat, sebuah fitur baru yang hadir di bus.

Kemudian, bodi Avante H7 AB ini juga sudah lolos uji guling standar United Nation Economic Commission for Europe (UN ECE) Regulation No. 66. Sehingga struktur bodinya sudah sesuai regulasi yang ada di Eropa ketika terguling.

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem mengatakan, saat ini di Indonesia karoseri belum punya sertifikasinya UN ECE, tetapi juga sedang dalam tahap menuju bodi bus yang tersertifikasi uji guling.

“Secara software, kita sudah teruji (UN ECE R66),” ucap Hendro kepada Kompas.com di Tangerang belum lama ini.

Namun untuk pengujian secara langsung dengan menggulingkan bodi bus masih belum dilakukan Karoseri Tentrem. Hal ini perlu diapresiasi, mengingat belum ada regulasi yang mewajibkan bodi bus buatan karoseri harus lolos uji tertentu.

Tentu saja langkah ini diambil demi meningkatkan keselamatan dan keamanan dari bodi bus yang dibuat di Indonesia. Sehingga nantinya tercipta bodi bus yang lebih aman untuk penumpang maupun pengemudinya ketika terguling.

Uji guling dengan standar UN ECE R66 juga sudah dilakukan oleh Karoseri Laksana untuk bodi Legacy SR2 HD Prime. Harapannya tentu karoseri di Indonesia semakin sadar akan keamanan bodinya demi keselamatan penumpang di kabinnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/23/144100115/avante-h7-ab-buatan-tentrem-lolos-uji-guling-standar-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke