Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xenia Baru Usung DNGA, Model Hybrid Bakal Meluncur?

Kompas.com - 17/11/2021, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Xenia terbaru mendapat ubahan menyeluruh berkat platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Dari basis ini, diprediksi Xenia hybrid bakal segera hadir.

Seperti diketahui, Rocky yang juga mengusung platform DNGA, sudah memiliki model bermesin hybrid di Jepang. Artinya kehadiran Xenia hybrid yang mengusung sasis sejenis, juga akan diikuti model hybridnya.

Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, platform ini sengaja disiapkan untuk memfasilitasi berbagai teknologi baru pada masa mendatang.

Baca juga: Ulik Ubahan Teknis Xpander Facelift, Bikin Lebih Nyaman Dikendarai

Daihatsu Xenia generasi terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia generasi terbaru.

“Sebenarnya secara total konstruksi, dia ini DNGA kan memang disiapkan untuk implementasi teknologi-teknologi baru ke depannya,” ucap Anjar, di sela-sela acara Daihatsu pada ajang GIIAS 2021 (12/11/2021).

Meski begitu, Anjar tidak menjelaskan secara rinci mengenai teknologi baru ini. Termasuk soal kemungkinan Xenia hybrid mengusung platform ini pada masa mendatang.

“Intinya karena dia secara platform ini multi platform, jadi memang itu mobil pada akhirnya dipersiapkan ke depannya untuk mampu mengakomodasi teknologi-teknologi masa depan,” kata Anjar.

Baca juga: Begini Cara Cegah Aquaplaning di Jalan Tol

Daihatsu Rocky Hybriddaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky Hybrid

Sebagai informasi, Xenia generasi ketiga menggunakan platform terbaru dari Daihatsu Global New Architecture atau DNGA.

Penggunaan platform baru dari DNGA ini, tentu bukan tanpa alasan, Sasis terbaru ini memiliki teknologi paling canggih dan memiliki bobot yang sangat ringan.

“Jadi platform yang baru ini, selain dia sudah menggunakan Ultra High Tensile Material, juga secara struktur kalau dulu itu dia seperti terpisah-pisah,” ujar Anjar.

“Nah kini dengan konsep desain skeleton yang menyatu, dia lebih menjamin stabilitas dan kenyamanan yang lebih enak, jadi bukan hanya lebih efisien saja,” ucap dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com