Kompas.com - 17/11/2021, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Xenia terbaru mendapat ubahan menyeluruh berkat platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Dari basis ini, diprediksi Xenia hybrid bakal segera hadir.

Seperti diketahui, Rocky yang juga mengusung platform DNGA, sudah memiliki model bermesin hybrid di Jepang. Artinya kehadiran Xenia hybrid yang mengusung sasis sejenis, juga akan diikuti model hybridnya.

Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, platform ini sengaja disiapkan untuk memfasilitasi berbagai teknologi baru pada masa mendatang.

Baca juga: Ulik Ubahan Teknis Xpander Facelift, Bikin Lebih Nyaman Dikendarai

Daihatsu Xenia generasi terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia generasi terbaru.

“Sebenarnya secara total konstruksi, dia ini DNGA kan memang disiapkan untuk implementasi teknologi-teknologi baru ke depannya,” ucap Anjar, di sela-sela acara Daihatsu pada ajang GIIAS 2021 (12/11/2021).

Meski begitu, Anjar tidak menjelaskan secara rinci mengenai teknologi baru ini. Termasuk soal kemungkinan Xenia hybrid mengusung platform ini pada masa mendatang.

“Intinya karena dia secara platform ini multi platform, jadi memang itu mobil pada akhirnya dipersiapkan ke depannya untuk mampu mengakomodasi teknologi-teknologi masa depan,” kata Anjar.

Baca juga: Begini Cara Cegah Aquaplaning di Jalan Tol

Daihatsu Rocky Hybriddaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky Hybrid

Sebagai informasi, Xenia generasi ketiga menggunakan platform terbaru dari Daihatsu Global New Architecture atau DNGA.

Penggunaan platform baru dari DNGA ini, tentu bukan tanpa alasan, Sasis terbaru ini memiliki teknologi paling canggih dan memiliki bobot yang sangat ringan.

“Jadi platform yang baru ini, selain dia sudah menggunakan Ultra High Tensile Material, juga secara struktur kalau dulu itu dia seperti terpisah-pisah,” ujar Anjar.

“Nah kini dengan konsep desain skeleton yang menyatu, dia lebih menjamin stabilitas dan kenyamanan yang lebih enak, jadi bukan hanya lebih efisien saja,” ucap dia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.