Ada Suzuki Ertiga Limited, tapi XL7 Melantai di Pameran Tanpa Ubahan

Kompas.com - 17/11/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan All New Ertiga Suzuki Sport Finest Form di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Suzuki Ertiga berstatus limited ini memang rutin mendapat penyegaran, salah satunya di lantai pameran tahun ini. Upaya semulai dilakukan awal 2019 dan Januari 2020, yang mana All New Ertiga terus mendapatkan sentuhan baru dari segi teknologi, fitur, hingga tampilan.

Padahal jika melihat data Gaikindo kontribusi penjualan XL7 lebih tinggi yakni 15 persen terhadap penjualan nasional Suzuki, sementara All New Ertiga berkontribusi sebanyak 12 persen.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Uji Emisi Gratis di Depok

Lantas, mengapa Suzuki memutuskan langkah untuk melakukan penyegaran pada Ertiga ketimbang XL7?

Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel mengatakan, keputusan tersebut memang merupakan bagian dari startegi penjualan Suzuki.

“Kalau dalam new product development strategy Suzuki, setiap tahun kami punya fasenya masing-masing. XL7 pada Februari 2020 kita luncurkan, sampai dengan sekarang masih positif sekali, dan bagi konsumen produknya masih up to date. Jadi kita memang menitikberatkan pada produk yang harus kita update terlebih dahulu,” ucap Harold di ICE BSD, Senin (15/11/2021).

Suzuki XL7 Alpha ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Alpha AT

Kendati demikian, Harold menambahkan, tak menutup kemungkinan bahwa SUV garapan Suzuki itu akan mendapat sentuhan baru dalam waktu dekat.

“Tidak lama lagi XL7 juga akan ada penyegaran, ya kita tunggu saja, mudah-mudahan.” kata Harold.

Baca juga: Tantangan Isuzu Hadapi Regulasi Euro 4 April 2022

Hal tersebut juga diamini oleh Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS beberapa waktu lalu saat peluncurkan All New Ertiga Suzuki Sport FF.

“Penyegaran ini tidak hanya kami lakukan di produk Ertiga saja, tetapi juga di XL7. Apakah pembaharuannya akan sama seperti kompetitor? Saya belum bisa beritahukan apa fitur dan racikan produk yang kami hadirkan,” ucap Donny.

“Pastinya, ini sesuai dengan masukan loyal Suzuki dan calon konsumen Suzuki sendiri. Ditunggu saja update-nya,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.