Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Dibandingkan Bensin?

Kompas.com - 17/11/2021, 09:12 WIB
Tampilan mesin diesel Isuzu MU-X generasi terbaru headlightmag.comTampilan mesin diesel Isuzu MU-X generasi terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini pasar kendaraan roda empat di Indonesia didominasi oleh dua pilihan jenis mesin, yakni diesel dan mesin bensin. Kedua jenis itu tentu saja memiliki karakter yang berbeda satu sama lain, tak terkecuali konsumsi bahan bakar.

Ketika hendak membeli mobil selain masalah harga, hal lain yang juga menjadi pertimbangan yakni soal konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota New Veloz, Angsuran Mulai Rp 4 Jutaan

Semakin irit mobil dalam konsumsi bahan bakar, tentunya akan semakin menarik minat konsumen untuk membeli. Pasalnya, pengeluaran untuk kebutuhan bensin juga bisa berpengaruh terhadap keperluan lainnya.

Banyak yang beranggapan bahwa mobil mesin diesel tingkat konsumsi bahan bakar lebih rendah dibandingkan mesin bensin. Apakah hal tersebut benar?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna tidak menampik anggapan tersebut. Menurutnya, mobil mesin diesel memang lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin, hal ini disebabkan oleh dua hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mesin diesel 1.300 cc Suzuki Ertiga HybridStanly/KompasOtomotif Mesin diesel 1.300 cc Suzuki Ertiga Hybrid

“Pertama karena mesin diesel ini memakai kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Dengan alasan tersebut, efisiensi thermis mesin diesel juga lebih bagus dibandingkan mobil bensin. Dengan kerja mesin yang efisien, pembakaran juga akan lebih efisien.

Baca juga: Adu Desain All New Avanza dan Xpander Facelift, Pilih Mana?

Kemudian, penyebab yang kedua, yakni kandungan kalori pada bahan bakar jenis solar juga lebih besar dibandingkan jenis bensin.

“Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Inilah yang membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin,” ucapnya.

Mesin diesel 4-silinder turbo diesel 2.143cc yang diusung New V-Class memiliki standar Euro IV dan menurut Mercedes-Benz (MB) Indonesia bahan bakar yang bisa digunakan hanya Pertamina Dex. Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin diesel 4-silinder turbo diesel 2.143cc yang diusung New V-Class memiliki standar Euro IV dan menurut Mercedes-Benz (MB) Indonesia bahan bakar yang bisa digunakan hanya Pertamina Dex.

Selain irit bahan bakar, keunggulan lain dari mesin diesel yakni memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. Hal ini dikarenakan karakter mesin diesel yang menggunakan tipe mesin long stroke.

Baca juga: Perang Harga LMPV Baru di GIIAS, Siapa Paling Murah?

“Tipe mesin ini mampu menghasilkan torsi yang lebih besar dari kebanyakan mesin bensin yang menggunakan mesin square,” kata Suparna.

Dengan demikian, tidak heran jika mobil dengan mesin diesel mempunyai tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.