Ini Perbedaan All New Avanza dan New Veloz

Kompas.com - 17/11/2021, 11:12 WIB
All New Veloz dan Avanza TAMAll New Veloz dan Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah resmi memeprkenalkan dua produk baru mereka yakni All New Avanza dan New veloz di pameran otomotif GIIAS 2021.

Dua mobil tersebut hadir dengan ubahan mulai dari sisi desain eksterior, interior, platform, bahkan roda penggerak mobil. Dua mobil tersebut kini juga menjadi dua brand yang berbeda.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota New Veloz, Angsuran Mulai Rp 4 Jutaan

Sebelum melihat secara langsung, berikut redaksi Kompas.com berikan gambaran sekilas mengenai perbedaan keduanya.

Dari segi ukuran dan dimensi, Avanza dan Veloz baru tidak terlau memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Keduanya memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari versi sebelumnya dengan ground clearence 205 mm.

Toyota Avanza generasi ketigaDok. TAM Toyota Avanza generasi ketiga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari tampilan depan, keduanya memiliki tampang yang berbeda. Avanza baru menggunakan grill trapesium berukuran besar menyerupai Toyota Raize. Sedangkan untuk Veloz lebih cenderung menyerupai Corolla Cross.

Kemudian pada sisi bodi samping kanan dan kiri dibuat sama persis. Namun, ukuran kaki-kaki ada perbedaan, Avanza generasi terbaru punya pelek 16 inci dan Veloz lebih besar, yaitu 17 inci. Kedua model itu sudah menggunakan platform baru, penggerak roda depan, dan pilihan transmisi CVT menggantikan model konvensional.

Baca juga: Adu Desain All New Avanza dan Xpander Facelift, Pilih Mana?

Pada interior, Avanza baru memiliki ubahan yang cukup banyak mulai dari dasbor dan juga panel instrumen baru. Selain itu terdapat Illuminating Start/Stop Button. Dari segi hiburan, Avanza kini punya Head Unit 9 inci (1,5 G).

Bagian kemudi juga sudah menggunakan fitur Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

Dari segi keamanan, mobil ini juga sudah menggunakan Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist sebagai standar baru Avanza. Kemudian ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Baca juga: Perang Harga LMPV Baru di GIIAS, Siapa Paling Murah?

Sedangkan untuk tipe tertingginya juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Fitur TSS pada Avanza terdiri dari, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Sementara fitur pada Veloz, apa yang ada di Avanza juga tersedia pada Veloz, plus tambahan wireless charger di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional.

Untuk harganya, Toyota mulai memasarkan mobil Avanza baru mulai Rp206,2 juta-Rp264,4 juta, sementara Veloz mulai Rp251,2 juta hingga Rp291,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.