Kompas.com - 15/11/2021, 17:41 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi memperkenalkan Hyundai Creta lewat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 belum lama ini.

Hyundai Creta memiliki fitur yang diunggulkan dari kompetitornya, salah satunya yaitu Hyundai Bluelink. Fitur tersebut merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik Creta dengan mobilnya melalui aplikasi di telepon genggam.

Fitur-fitur dasar seperti remote engine start, mengatur suhu kabin, hingga mengetahui di mana posisi kendaraan sudah disematkan pada Hyundai Bluelink. Selain itu, Hyundai Bluelink memiliki fitur safety dan security.

Baca juga: Berlaku Besok, Ini Ruas Jalan Jakarta yang Jadi Sasaran Operasi Zebra

Peluncuran Hyundai Creta di GIIAS 2021DOK. HMID Peluncuran Hyundai Creta di GIIAS 2021

Putra Samiaji, Head of Before Service Department PT HMID mengatakan, fitur safety dan security tadi memungkinkan kendaraan pelanggan untuk terhubung ke call center hyundai secara otomatis.

“Kalau fitur keselamatan, ada tiga layanan utama yakni ACN (Auto Collision Notification), SOS (Save Our Soul), dan RSA (Road Side Assistance),” ucapnya di GIIAS 2021, Senin (15/11/2021).

ACN merupakan sistem notifikasi otomatis yang datang dari mobil langsung ke call center Hyundai. Fitur ini aktif ketika kendaraan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan airbag aktif, lalu kendaraan langsung terhubung dengan call center.

Baca juga: Deretan MPV Murah Baru di GIIAS, Harga di Bawah Rp 300 juta

“Untuk SOS, itu ada tombolnya di atas di sebelah RSA. Kalau ditekan tombol SOS, pelanggan secara sadar ingin menghubungi call center ketika dia berada di situasi yang mengancam,” kata dia.

Baik ACN maupun SOS, call center bakal menghubungi ke pihak terkait, seperti ambulans, polisi dan lainnya. Sedangkan untuk RSA, ketika dipencet, call center akan menerima sinyal kalau mobil tersebut membutuhkan bantuan road assistance.

“Jadi kalau kendaraan mogok di jalan, aki soak, atau lainnya sehingga tidak bisa berjalan. Maka call center bisa langsung membantu untuk memanggil towing, atau service car untuk melakukan perbaikan di jalan,” ucapnya.

Hyundai Bluelink di Booth Hyundai di GIIAS 2021DOK. HMID Hyundai Bluelink di Booth Hyundai di GIIAS 2021

Kemudian untuk fitur keamanan, ada SVI (Stolen Vehicle Immobilize) dan SVT (Stolen Vehicle Tracking). Untuk SVI, berdasarkan laporan dari pemilik kendaraan, dengan autentifikasi kendaraan sudah dalam keadaan tercuri, call center bisa membantu menonaktifkan kendaraan dari jauh.

“Kalau SVT, pelanggan yang sudah terverivikasi kendaraannya tercuri dan ingin tahu lokasinya ada di mana. Itu bisa dibantu oleh call center. Jadi SVI dan SVT masuk dalam dua fitur unggulan Bluelink,” kata Putra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.