Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Detail Fitur Hyundai Bluelink, Bikin Nyaman dan Aman Pengemudi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi memperkenalkan Hyundai Creta lewat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 belum lama ini.

Hyundai Creta memiliki fitur yang diunggulkan dari kompetitornya, salah satunya yaitu Hyundai Bluelink. Fitur tersebut merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik Creta dengan mobilnya melalui aplikasi di telepon genggam.

Fitur-fitur dasar seperti remote engine start, mengatur suhu kabin, hingga mengetahui di mana posisi kendaraan sudah disematkan pada Hyundai Bluelink. Selain itu, Hyundai Bluelink memiliki fitur safety dan security.

Putra Samiaji, Head of Before Service Department PT HMID mengatakan, fitur safety dan security tadi memungkinkan kendaraan pelanggan untuk terhubung ke call center hyundai secara otomatis.

“Kalau fitur keselamatan, ada tiga layanan utama yakni ACN (Auto Collision Notification), SOS (Save Our Soul), dan RSA (Road Side Assistance),” ucapnya di GIIAS 2021, Senin (15/11/2021).

ACN merupakan sistem notifikasi otomatis yang datang dari mobil langsung ke call center Hyundai. Fitur ini aktif ketika kendaraan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan airbag aktif, lalu kendaraan langsung terhubung dengan call center.

“Untuk SOS, itu ada tombolnya di atas di sebelah RSA. Kalau ditekan tombol SOS, pelanggan secara sadar ingin menghubungi call center ketika dia berada di situasi yang mengancam,” kata dia.

Baik ACN maupun SOS, call center bakal menghubungi ke pihak terkait, seperti ambulans, polisi dan lainnya. Sedangkan untuk RSA, ketika dipencet, call center akan menerima sinyal kalau mobil tersebut membutuhkan bantuan road assistance.

“Jadi kalau kendaraan mogok di jalan, aki soak, atau lainnya sehingga tidak bisa berjalan. Maka call center bisa langsung membantu untuk memanggil towing, atau service car untuk melakukan perbaikan di jalan,” ucapnya.

Kemudian untuk fitur keamanan, ada SVI (Stolen Vehicle Immobilize) dan SVT (Stolen Vehicle Tracking). Untuk SVI, berdasarkan laporan dari pemilik kendaraan, dengan autentifikasi kendaraan sudah dalam keadaan tercuri, call center bisa membantu menonaktifkan kendaraan dari jauh.

“Kalau SVT, pelanggan yang sudah terverivikasi kendaraannya tercuri dan ingin tahu lokasinya ada di mana. Itu bisa dibantu oleh call center. Jadi SVI dan SVT masuk dalam dua fitur unggulan Bluelink,” kata Putra.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/15/174100115/detail-fitur-hyundai-bluelink-bikin-nyaman-dan-aman-pengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke