Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah 3 Tipe Toyota All New Veloz

Kompas.com - 15/11/2021, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Avanza, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga merilis All New Veloz dengan total perubahan yang sangat signifikan dibandingkan generasi pertama.

Diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Veloz generasi kedua hadir tak hanya menawarkan perubahan radikal, tapi juga mempertegas identitas sebagai brand MPV 7 penumpang yang beda segmen dengan Avanza.

Hal tersebut bisa dilihat dari visual yang lebih kuat bernuansa SUV. Meski sama-sama menggunakan platform DNGA, gerak depan, dan transmisi CVT, tapi struktur rancang bangunnya berbeda dari Avanza.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, ide dasar pada All New Veloz adalah menghadirkan MPV yang lengkap dengan tampilan stylish dan canggih, untuk menghadirkan nilai jual utama yang unik, yaitu desain “grande”.

Baca juga: Diam-diam Mitsubishi Siapkan Penantang Raize dan Rocky

All New Toyota VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Veloz

"Toyota All New Veloz dilengkapi fitur pertama dikelasnya, termasuk fitur keselamatan canggih sebagai bagian dari upaya Toyota dalam mewujudkan mobilitas yang nyaman dan aman bagi pelanggan di setiap kesempatan dalam kondisi apapun," ucap Anton beberapa waktu lalu kepada media.

Beda dari generasi sebelumnya, kali ini Toyota hanya menyajikan Veloz dalam tiga tipe, yakni Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). Tak ada lagi pilihan mesin 1.300 cc, hanya 2NR-VE berkubikasi 1.500 cc.

Lantas apa saja perbedaan dari tiga varian generasi kedua Veloz ? berikut redaksi coba rangkum diferensiasi masing-masing tipenya.

Untuk tipe terendah, yakni Veloz M/T yang dipasarkan Rp 251,2 juta, datang dengan tampilan yang sebenarnya tak berbeda dari versi di atasnya. Secara visual, tongkrongannya masih 11-12 dengan gril lebar dan lampu LED.

Baca juga: Sebelum Beli, Intip Perbedaan Tipe All New Avanza

Toyota All New VelozVIO Toyota All New Veloz

Fitur-fitur terbaru seperti progressive rear combination lamp, auto retractable mirror, lingkar kemudi yang sudah tilt and telescopic bersama tombol pengaturan audio dan MID juga sudah terpasang. Temasuk head unit 9 inci, new electric parking brake dan brakehold, sampai penggunaan cakram pada keempat rodanya.

Tapi dari spesifikasi, jarak pijak berbeda dengan versi Q CVT dan Q CVT TSS. Veloz MT pada bagian depan 1.505 mm dan belakang 1.500 mm, sementara Q CVT dan Q CVT TSS sama-sama 1.515 mm untuk depan dan 1.510 mm di belakang.

Hal tersebut bisa jadi imbas perbedaan dimensi pelek yang digunakan. Karena untuk versi terendah, mengaplikasi 16 inci, sementara varian di atasnya 17 inci.

Selain itu, meski sama-sama sudah mengusung rem tangan elektrik, tapi versi paling bawah tak dilengkapi kamera all round view, hanya rear parking saja. Namun sudah sama-sama mengusung wireless charging dan MID digital.

Beralih ke versi tengah, yakni Veloz Q CVT dengan harga Rp 272,1 juta, pada dasarnya menjadi varian yang lebih lengkap dari Veloz M/T yang tentunya ada beberapa penambahan lain.

Mulai pelek yang mengaplikasi dimensi lebih besar, yakni 17 inci, tambahan fitur all round view camera, sampai aplikasi T-Intouch yang sebelumnya hanya disematkan pada model premiumnya, yakni Camry.

Baca juga: Ertiga Dianggap Masih Bisa Melawan Avanza atau Xpander

Versi Veloz Q CVT TSS, menjadi varian tertinggi yang mengusung perangkat keselamatan aktif seperti yang disematkan pada Raize. Bedanya, baik Veloz atau Avanza minus cruise control namun diberikan tambahan tiga mode berkendara serta new rear seat entertainment.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com