Kompas.com - 12/11/2021, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Xenia terbaru dikembangkan dengan basis baru yang diberi nama DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Di Indonesia, platform ini pertama kali digunakan oleh Rocky yang meluncur pada April 2021.

Soichiro Okudaira, Presiden Daihatsu Motor Company, mengatakan, platform ini memiliki keunggulan kualitas tinggi, harga terjangkau, teknologi terkini dan fokus pada detail terkecil.

“Di Indonesia, kami berkontribusi di industri otomotif dengan menghadirkan mobil-mobil compact yang bernilai terbaik, seperti Xenia, Gran Max, dan Ayla yang terbukti cocok untuk pasar Indonesia,” ujar Okuidaira, dalam keterangan resmi (11/11/2021).

Baca juga: Akan Melantai Hari Ini, Berikut Bocoran Honda ZR-V

Daihatsu Xenia Sport melantai di GIIAS 2019Ruly Kurniawan/Kompas.com Daihatsu Xenia Sport melantai di GIIAS 2019

“Melalui fasilitas R&D Center yang terbesar di Indonesia. Daihatsu Motor Jepang, dan Astra Daihatsu Motor, bersama-sama mengembangkan sumber daya anggota R&D melalui pertukaran teknologi,” kata dia.

Dengan platform baru ini, Xenia bakal disiapkan menjadi produk yang lebih ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan value for money dengan bobot ringan.

Namun dengan segala pembaruan tersebut, Daihatsu memastikan masih memproduksi Xenia-Avanza model lama yang secara basis sudah hadir sejak 2003.

Baca juga: Ini Estimasi Harga Hyundai Creta yang Bakal Dijual di Indonesia

Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021Dio Dananjaya/Kompas.com Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021

Amelia Tjandra, Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT ADM, mengatakan, Xenia-Avanza model lama masih memiliki konsumennya tersendiri.

“Masih ada untuk fleet customer saja, sampai kapan? Terus saja selama demand-nya ada. Kalau nanti demand sudah enggak ada, kami stop. Yang dijual untuk fleet itu varian 1.3 liter,” ujar Amelia, di sela-sela peluncuran Xenia terbaru, Kamis (11/11/2021).

Seperti diketahui, Xenia dan Avanza merupakan model yang sama-sama lahir dari pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Namun pabrik tersebut kini tak lagi memproduksi Veloz, lantaran mobil tersebut telah dibuat oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

“Karena kapasitasnya enggak cukup, di TMMIN masih ada kapasitas, jadi dibagi. Kami masih produksi Xenia-Avanza, mereka produksi Veloz. Supaya semua demand terpenuhi,” ucap Amelia.

Seperti diketahui, salah satu perusahaan yang masih menggunakan Avanza lawas adalah Blue Bird sebagai kendaraan niaga taksi. Meskipun berlabel Transmover, namun model yang diproduksi pada dasarnya sama, hanya lebih minim fitur kenyamanan dan keamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.