Kenali Kerusakan yang Dialami Mobil Usai Terendam Banjir

Kompas.com - 08/11/2021, 12:12 WIB
Mobil terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Mobil terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa area di Jakarta yang diguyur hujan lebat mengalami banjir. Ketinggian banjir pun beragam mulai 50 sentimeter sampai 150 sentimeter.

Jika ketinggian banjir sudah mencapai 150 sentimeter, besar kemungkinan mobil juga bisa terendam. Memang tidak sampai menutupi kap mesin, tetapi sudah pasti ada saja air yang masuk ke ruang mesin maupun kabin.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penanganan mobil yang terkena banjir, sebaiknya segera dilakukan demi meminimalisir kerusakan.

Baca juga: Toyota Luncurkan Aygo X, Crossover Mungil Pakai Mesin Agya

Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).KOMPAS.com/Nibras Nada Nailufar Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).

Kalau mobil sudah terendam, tentunya dibutuhkan pembongkaran, karena mulai ruang mesin sampai ke kabin tentu sudah kemasukan air.

“Umumnya perbaikan mobil karena banjir mungkin hanya memakan waktu satu minggu. Dengan catatan, kondisi diler tidak padat dan cuaca cerah. Sebab untuk membersihkan karpet, jok dan lainnya butuh cuaca panas,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toyota sendiri mengkategorikan mobil-mobil yang terdampak banjir, mulai dari level A (paling parah) sampai D (paling ringan). Paling ringan biasanya kerusakan pada kaki-kaki dan interiornya basah pada bagian karpet dasar.

Baca juga: Cedera Marquez Dicurigai Lebih Parah dari Sekadar Gegar Otak Ringan

“Kalau Level C itu interior kena air sampai jok, artinya door trim juga kena. Kemudian level B air sampai dasbor, kelistrikan di dasbor, seperti head unit, panel-panel indikator akan di cek juga,” kata Didi.

Sedangkan level A jadi kerusakan yang paling parah, besar kemungkinan mobil terendam keseluruhannya. Bagian interior dan mesin sudah pasti kena penanganan semua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.