2 Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya Meluncur, Pakai Bodi Ultra High Deck

Kompas.com - 07/11/2021, 07:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) resmi menambah armada lagi. Bus tersebut merupakan buatan karoseri Adiputro yang belum lama ini videonya tersebar duluan di media sosial.

Saat itu, tersebar kabar bahwa dua unit Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD) ini terjual ke salah satu PO asal Sumatera.

Namun kabar tersebut salah, padahal bus tersebut sedang dalam perjalanan dari gudang ke tempat finishing untuk disiapkan rilis.

Bus dengan julukan Fathana dan Ghina ini menggunakan sasis Volvo B11R triple axle atau tronton.

Sasis ini menjadi salah satu bus tronton dengan tenaga besar, yakni 430 TK yang disambung ke as roda belakang dengan transmisi i-shift.

Baca juga: Merasa Diremehkan, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut FCA ke Negara Asal

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Jika membahas bagian ekteriornya, kedua bus berkelir hitam, namun memiliki aksen yang berbeda. Misalnya untuk Fathana, hitam dengan grafis merah, sedangkan Ghina, kombinasi antara hitam dan kuning.

Soal lampu depan atau headlamp, nampaknya kedua bus PO STJ ini sudah dimodifikasi oleh Bogor Autocustom 57 (BAC 57). Jadi untuk housing sudah dicat gelap dan ada variasi warna merah dan kuning di rumah proyektor, begitu juga dengan warna DRL yang diganti merah.

Baca juga: Segera Dimulai, Ini 25 Jalan di DKI Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap

Masuk ke bagian kabin, seluruh bangku memakai buatan Hai Rimba Kencana. Fasilitas seperti arm rest dan leg rest siap memanjakan penumpang selama perjalanan panjang.

Selain itu, tentunya bus sudah menggunakan AC, sistem hiburan berupa TV di bagian depan, serta ada toilet di pintu tengah. Ingat juga untuk tidak menggunakan toilet saat bus berhenti dan hanya untuk buang air kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.