Alami Pecah Ban di Jalan Tol, Pihak Pengelola Harus Bertanggung Jawab?

Kompas.com - 06/11/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban. ShutterstockIlustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pecah ban di jalan tol kembali terjadi. Kali ini menimpa tim redaksi Kompas.com yang sedang melaju di Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Kejadian tersebut bermula, saat tim redaksi sedang melaju di Tol JORR Pantai Indah Kapuk (PIK) arah Kembangan. Setibanya di kilometer 6, pengemudi melihat benda besar berwarna hitam di lajur tiga jalan tol.

Ketika itu, pengemudi tidak sempat menghindar dan terpaksa melindas benda berwarna hitam itu, karena ditakutkan jika melakukan manuver mendadak membahayakan pengemudi mobil lainnya.

Setelah melindas benda tersebut, seketika setir langsung terasa berat ke kanan. Ketika di cek, benar saja ban depan mobil disebelah kiri yang dikemudikan tim redaksi sudah mengalami pecah.

Beruntungnya saat itu tim redaksi yang mengemudikan mobil melaju dalam kecepatan rendah, yakni 40 km per jam. Pada saat pengemudi juga sedang berkendara di lajur tiga karena hendak keluar di Exit Tol Kembangan.

Baca juga: Dikasih Sejumlah Tips, Jack Miller Makin Sungkan ke Stoner

Hal ini tentu sangat berbahaya, pasalnya benda asing berwarna hitam itu bisa saja menyebabkan kecelakaan fatal jika pengemudi sedang berkendara dalam kecepatan tinggi.

Untuk diketahui jalan tol tersebut dikelola oleh PT. Jakarta Lingkar Baratsatu. Namun sayangnya, hingga saat ini tim redaksi belum bisa menghubungi pihak tersebut untuk dimintai keterangan terakit klaim dan pertanggung jawaban dari pihak pengengeola jalan tol.

Sebab, sejatinya kenyamanan pengguna jalan tol merupakan tanggung jawab dari pihak pengelola.

Tim redaksi Kompas alami pecah ban di Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR)instagram.com/ApridaMegaNanda Tim redaksi Kompas alami pecah ban di Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR)

Sebelumnya kejadian pecah ban akibat jalan berlubang juga sempat terjadi di Jalan Tol Prof DR Ir Soedijatmo layang, tepatnya di Km 25+200 B arah Pluit.

Namun, pihak pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mengganti rugi kendaraan yang mengalami pecah ban jika diakibatkan jalan berlubang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.