Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Cek Busi Usai Motor Terabas Banjir

Kompas.com - 06/11/2021, 16:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penghujung tahun 2021 ini, sejumlah daerah di Indonesia mulai mengalami kenaikan curah hujan yang terhitung ekstrem. Beberapa wilayah pun juga sudah mulai dilanda bencana banjir.

Bagi sebagian pengendara sepeda motor, menerabas genangan air bahkan banjir dirasa aman-aman saja selama air tidak masuk melalui lubang knalpot. Padahal, meski air tidak masuk ke dalam knalpot, motor tetap bisa mogok.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong mengatakan, jika sepeda motor mogok saat sedang menerabas banjir, pengendara harus segera mencari tempat kering untuk mengamankan motornya.

Baca juga: Ini Deretan Fitur Yamaha Nmax yang Bikin Nyaman buat Touring

Sesudahnya, jangan langsung asal menyalakan mesin. Menurut Suherman, motor yang mogok bisa jadi disebabkan karena busi dan cangklongnya sudah terkena air.

Ilustrasi ganti busi motorDok. DAM Ilustrasi ganti busi motor

“Segera lepaskan cangklong busi lalu keringkan, bisa ditiup atau pakai lap kering. Businya juga demikian,” ucap Suherman kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan kata lain, pengendara perlu untuk selalu menyiapkan lap kering sebagai tindakan berjaga-jaga ketika berkendara di tengah cuaca hujan.

Baca juga: Merasa Diremehkan, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut FCA ke Negara Asal

Ia lantas melanjutkan, selain mengeringkan busi dan cangklongnya, perhatikan pula apakah ada bunyi aneh pada mesin seperti benturan atau gesekan keras. Jika ada bunyi tersebut, maka permasalahan tidak berasal dari kondisi busi.

“Yang perlu menjadi catatan jangan mencoba untuk menerobos banjir, karena yang pertama bisa jadi mesin macet karena pukulan dari suhu mesin panas ke dingin (water hammer) yang bisa mengakibatkan mesin macet,” kata Suherman menambahkan.

Disarankan untuk segera membawa sepeda motor ke bengkel agar bisa diperiksa lebih detail kondisinya usai menerabas banjir. Sebab ada potensi air tetap masuk ke dalam mesin dan mulai bercampur dengan oli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com