Kompas.com - 06/11/2021, 16:42 WIB
Banjir akibat luapan Kali Lamong, yang semula hanya merendam 5 desa, kini sudah membuat 15 desa di Kabupaten Gresik terendam air, Jumat (5/11/2021). KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHBanjir akibat luapan Kali Lamong, yang semula hanya merendam 5 desa, kini sudah membuat 15 desa di Kabupaten Gresik terendam air, Jumat (5/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penghujung tahun 2021 ini, sejumlah daerah di Indonesia mulai mengalami kenaikan curah hujan yang terhitung ekstrem. Beberapa wilayah pun juga sudah mulai dilanda bencana banjir.

Bagi sebagian pengendara sepeda motor, menerabas genangan air bahkan banjir dirasa aman-aman saja selama air tidak masuk melalui lubang knalpot. Padahal, meski air tidak masuk ke dalam knalpot, motor tetap bisa mogok.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong mengatakan, jika sepeda motor mogok saat sedang menerabas banjir, pengendara harus segera mencari tempat kering untuk mengamankan motornya.

Baca juga: Ini Deretan Fitur Yamaha Nmax yang Bikin Nyaman buat Touring

Sesudahnya, jangan langsung asal menyalakan mesin. Menurut Suherman, motor yang mogok bisa jadi disebabkan karena busi dan cangklongnya sudah terkena air.

Ilustrasi ganti busi motorDok. DAM Ilustrasi ganti busi motor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Segera lepaskan cangklong busi lalu keringkan, bisa ditiup atau pakai lap kering. Businya juga demikian,” ucap Suherman kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan kata lain, pengendara perlu untuk selalu menyiapkan lap kering sebagai tindakan berjaga-jaga ketika berkendara di tengah cuaca hujan.

Baca juga: Merasa Diremehkan, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut FCA ke Negara Asal

Ia lantas melanjutkan, selain mengeringkan busi dan cangklongnya, perhatikan pula apakah ada bunyi aneh pada mesin seperti benturan atau gesekan keras. Jika ada bunyi tersebut, maka permasalahan tidak berasal dari kondisi busi.

“Yang perlu menjadi catatan jangan mencoba untuk menerobos banjir, karena yang pertama bisa jadi mesin macet karena pukulan dari suhu mesin panas ke dingin (water hammer) yang bisa mengakibatkan mesin macet,” kata Suherman menambahkan.

Disarankan untuk segera membawa sepeda motor ke bengkel agar bisa diperiksa lebih detail kondisinya usai menerabas banjir. Sebab ada potensi air tetap masuk ke dalam mesin dan mulai bercampur dengan oli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.